sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Rabu, 09 Feb 2022 10:05 WIB

Daftar perusahaan yang mengembangkan metaverse sendiri

Selain Facebook, ternyata sudah cukup banyak perusahaan yang sudah memiliki atau dalam pengembangan dunia metaverse milik mereka sendiri.

Daftar perusahaan yang mengembangkan metaverse sendiri

Metaverse belakangan ini menjadi salah satu topik yang cukup menarik di internet. Hal ini dikarenakan pengguna internet kini dapat memiliki badan secara virtual dan memperjualbelikan barang secara virtual di dunia maya.

Seperti diketahui, CEO Facebook, Mark Zuckerberg mungkin menjadi orang pertama yang membawa standar alam semesta virtual tersebut. Mereka pun sudah mengerjakan metaverse-nya sendiri, dan bahkan merubah nama perusahaan induk mereka menjadi Meta.

Berbagai perusahaan sudah menunjukkan ketertarikan mereka untuk andil dalam teknologi tersebut. Beberapa diantaranya seperti Epic Games, Alibaba, TikTok, Tencent, dan berbagai perusahaan lain.

Tapi sebenarnya, selain Meta, sudah ada beberapa perusahaan lain yang mengembangkan metaverse mereka sendiri. Nah, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai hal tersebut. Berikut ini beberapa contoh penerapan dunia seperti Metaverse yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber :

Microsoft Mesh - Microsoft

Pada awal Maret 2021, Microsoft secara resmi memperkenalkan sebuah platform baru yang mereka namakan sebagai Microsoft Mesh. Ini merupakan sebuah dunia digital yang pengguna dapat gunakan menggunakan aplikasi Microsoft Teams.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus menggunakan perangkat HoloLens 2 milik perusahaan tersebut. Kala itu, Microsoft mendefinisikan Mesh sebagai peluang yang memungkinkan kehadiran dan berbagi pengalaman dari mana saja, di perangkat apa pun, melalui aplikasi realitas campuran.

Pengguna dapat menciptakan avatar mereka sendiri, sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Mereka bisa menciptakan karakter yang mirip dengan diri mereka, atau menggunakan karakter lain.

Tak ketinggalan, mereka bahkan membicarakan tentang "holoportation" di lingkungan kerja sebagai cara untuk meningkatkan kelancaran pengambilan keputusan dan percepatan pemecahan masalah.

Sayang, dikarenakan adaptasi Microsoft Teams dan HoloLens 2 cukup rendah, tidak ada update berita mengenai teknologi yang satu ini.

Zepeto - Zara

Perusahaan lain yang sudah merambah dunia metaverse adalah Zara. Hal ini menarik, mengingat mereka merupakan sebuah perusahaan tekstil yang menjual pakaian dan lainnya di internet.

Di dunia metaverse milik mereka yang bernama Zepeto, Zara menjual koleksi pakaian virtual pertama mereka. Menariknya, metaverse Korea Selatan ini sudah memiliki banyak avatar 3D dengan lebih dari juga pengguna setiap hari.

Jumlah ini menjadikan Zepeto sebagai salah satu lingkungan virtual yang tumbuh paling cepat dalam setahun terakhir. 

Metaverse ini memungkinkan pembelian barang digital melalui mata uang mereka sendiri dan menyediakan interaksi dengan jutaan pengguna di seluruh dunia. Pengguna utama metaverse ini adalah wanita muda berusia antara 13 dan 24 tahun, yang membuat avatar berdasarkan karakteristik fisik sebenarnya dari pengguna.

Tak ketinggalan, Zara juga telah meluncurkan koleksi yang juga dijual di toko-toko terpilih di dunia nyata dan yang di lingkungan virtual memiliki harga yang sama seperti di toko fisik.

Sandbox - SoftBank

Siapa sih yang tak kenal dengan SoftBank? Ya, perusahaan pendanaan ini memang sudah cukup banyak mengincar startup teknologi dan mengembangkan teknologi kekinian mereka sendiri.

Dan untuk masuk ke metaverse, mereka memilih SoftBank Vision Fund 2 untuk menyuntik modal sebuah startup bernama Sandbox. Dan seperti diketahui, Sandbox memungkinkan gamer untuk membangun, memiliki, dan memonetisasi pengalaman bermain gim virtual di blockchain Ethereum.

Yang menarik, gim ini dapat menggunakan token non-fungible (NFT). Jadi, ini merupakan sebuah paket lengkap

ifland - SK Telecom 

Salah satu perusahaan asal Korea Selatan yang tertarik untuk mengembangkan metaverse adalah SK Telecom. Seperti diketahui, mereka merupakan salah satu operator seluler terbesar di Korea Selatan.

Mereka telah meluncurkan 'ifland' metaverse pada Juli lalu. Dalam metaverse ini, para  penghuni dapat menjadi tuan rumah dan menghadiri pertemuan dengan avatar animasi mereka masing-masing.

SK Telecom sendiri merupakan bagian dari 'Metaverse Alliance' yang diluncurkan oleh pemerintah Korea Selatan pada pertengahan Mei lalu. Program ini mencakup lebih dari 200 perusahaan dan institusi.

Untuk SK Telecom sendiri, mereka mengklaim ribuan kamar telah dibuat setiap hari dan puluhan ribu pengguna harian di ifland milik mereka. Tentu saja, ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup baik bagi sebuah perusahaan telekomunikasi.

NEXT :  Perusahaan yang sedang kembangkan metaverse mereka sendiri >>>

Selain mereka yang sudah memiliki metaverse mereka sendiri, beberapa perusahaan dikabarkan tengah berlomba dalam menciptakan metaverse mereka sendiri. Dan inilah beberapa perusahaan yang sedang dalam pengembangan dunia metaverse mereka sendiri:

Ali Metaverse - Alibaba

Salah satu perusahaan asal Tiongkok yang pertama kali mengadopsi teknologi ini adalah Alibaba. Mereka pun bahkan telah mengajukan beberapa merek dagang terkait metaverse dan telah menyatakan niatnya untuk berlari dalam perlombaan teknologi ini. 

Salah satu Merek dagang pertama yang mereka daftarkan adalah Ali Metaverse. Tapi, mereka pun telah mempersiapkan beberapa merek dagang lain seperti Taobao Metaverse, dan DingDing Metaverse.

Namun disayangkan, hingga saat ini masih belum diketahui bagaimana mereka saat ini mengembangkan dunia milik mereka tersebut.

Epic Games Metaverse - Epic Games

Epic Games memang bukan nama baru jika kita berbicara mengenai dunia digital. Sebab, mereka telah menciptakan cukup banyak gim, yang dapat dimainkan secara bersama-sama secara online.

Mereka bahkan telah beberapa kali menggelar konser digital di salah satu gim mereka, yakni Fortnite. Tak tanggung-tanggung, mereka sempat mengundang berbagi artis kenamaan untuk melakukan konser di platform mereka.

Dengan dukungan yang besar dari Sony, mereka pun serius menggarap metaverse mereka sendiri. Dana yang digelontorkan Sony pun tak sedikit, yakni menembus USD1 miliar, dimana bukan angka yang kecil.

Mengapa Epic Games sangat bersemangat dalam mengembangkan dunia ini? Jawaban-nya simpel, karena salah satu pencipta perusahaan ini, Tim Sweeney, sudah memimpikan dunia tersebut dalam waktu yang lama.

Namun, tidak seperti gagasan Zuckerberg tentang monopoli metaverse mereka, Sweeney ingin metaverse miliknya menjadi standar yang sepenuhnya terbuka yang bahkan dapat menggantikan internet.

YG Entertainment

Bagi YG Entertainment, menghubungkan penggemar dari Blackpink, Treasure, Big Bang, IKON, dan AKMU, dengan bintang pujaan mereka adalah sebuah hal yang penting. Oleh karena itu, mereka sering menggelar acara yang mempertemukan para penggemar dengan artis yang digandrungi oleh kamu hawa tersebut.

Namun, mereka melihat peluang yang lebih besar saat menyadari kehadiran metaverse. Dengan menggandeng Kwangwoon University, YG Entertainment pun mengembangkan teknologi metahuman dan metaverse.

SM Entertainment 

Satu lagi agensi kenamaan asal Korea Selatan yang ketahuan sedang mengembangkan metaverse mereka sendiri. Kini, giliran SM Entertainment yang menaungi EXO, NCT 127, NCT Dream, SHInee, Super Junior, Red Velvet, dan Aespa yang juga sedang mengembangkan metaverse mereka sendiri.

Untuk mengembangkan dunia mereka, SM menggandeng KAIST. Mereka mengembangkan konten teknis, kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI), dan robot. Belum lagi, mereka juga setuju untuk memproduksi  avatar digital, melakukan penelitian akademik bersama untuk culture technology (CT), dan lainnya.

Samsung 

Tak mau kalah dengan Facebook, Samsung pun sudah bersiap dalam menyongsong metaverse. Mereka melakukan pengembangan ini melalui anak usahanya, yakni Samsung Asset Management.

Mereka sudah meluncurkan Samsung Global Metaverse Fund pada akhir Juni lalu. Menariknya, mereka menargetkan 100 miliar won pada akhir tahun, namun belum ada update hingga saat ini.

Dalam beberapa laporan, mereka menerima sekitar satu miliar hingga dua miliar won setiap harinya. Wakil Presiden Samsung Asset Management, Choi Byung-geun pernah mengatakan bahwa minat pada metaverse telah tumbuh sejak pandemi dimulai.

Pemerintah Korea Selatan

Bukan hanya perusahaan asal Korea Selatan saja nih yang tertarik dalam pengembangan metaverse ini. Ternyata, pemerintah Korea Selatan pun tertarik untuk mengembangkan teknologi yang satu ini.

Hal ini diungkapkan oleh seorang pejabat Kementerian Sains dan TIK Korea Selatan, yang mengatakan bahwa mereka berharap memainkan peran utama dalam industri metaverse di negara tersebut.

Mereka berencana untuk menganggarkan 604,4 triliun won pada 2022 untuk bisnis ini. Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga telah mengalokasikan 9,3 triliun won untuk mempercepat transformasi digital dan mendorong industri baru seperti metaverse.

ByteDance

Untuk perusahaan terakhir yang ada di daftar ini adalah ByteDance, yang merupakan perusahaan induk dari TikTok. Mereka disebut siap untuk mengakuisisi startup VR Pico Interactive untuk membuat metaverse mereka sendiri.

Kesepakatan akuisisi ByteDance terhadap Pico Interactive sendiri disebut senilai hampir 5 miliar yuan atau sekitar Rp11 triliun. Dengan akuisisi ini pun diharapkan akan memfokuskan diri membuat metaverse untuk para konsumen di Tiongkok.

Share
×
tekid
back to top