sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 09 Feb 2022 08:52 WIB

Chrome Journeys dapat kelompokkan riwayat pencarian pengguna berdasarkan topik

Google Chrome memiliki fitur baru Journeys yang merupakan perpanjangan fungsi dari riwayat pencarian pengguna di desktop.

Chrome Journeys dapat kelompokkan riwayat pencarian pengguna berdasarkan topik

Google menambahkan fitur baru untuk Chrome agar membantu pengguna menemukan topik yang pernah dijelajahi sebelumnya. Fitur baru yang disebut Journeys ini diluncurkan untuk versi desktop Chrome.

Dilansir dari Digital Trends (9/2), fitur ini pada dasarnya memiliki fungsi lanjutan dari riwayat penelusuran. Ketika pengguna mengetik keywords dalam bilah pencarian atau pada halaman Chrome History Journeys, pengguna akan melihat daftar situs yang berkaitan dengan topik tersebut, yang pernah mereka kunjungi. Situs yang paling relevan akan menempati urutan teratas.

Journeys mengelompokkan riwayat penelusuran berdasarkan topik dan mencakup periode waktu yang berbeda. Menurut Google, fitur ini dapat menampilkan riwayat pencarian hingga tiga minggu terakhir. Fitur ini juga akan menampilkan istilah pencarian terkait, yang berpotensi membantu pengguna dalam pencarian selanjutnya.

"Journeys saat ini hanya mengelompokkan riwayat di perangkat Anda, tidak ada yang disimpan ke akun Google Anda,” kata Google soal keamanan fitur. Pengguna juga dikatakan dapat menghapus item individual atau seluruh kelompok aktivitas dari pengaturan Chrome atau menonaktifkan Journeys sepenuhnya.

Saat ini, Journeys hanya tersedia di desktop Chrome. Namun, Google mengatakan akan mengeksplorasi perizinan akses dari beberapa perangkat menggunakan kata sandi atau bookmark yang disinkronkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Selain Journeys, Google menambahkan beberapa perintah baru di bilah alamat. Pengguna sekarang dapat mengetik hal-hal seperti "Lihat riwayat Chrome Anda," "Sesuaikan Chrome," atau "Bagikan tab ini" untuk melakukan tugas dengan cepat. Perintah-perintah tersebut sebelumnya memerlukan rooting di pengaturan browser.

Di sisi lain di Android, Google menambahkan widget Chrome baru di layar beranda smartphone. Selain pencarian teks, suara, atau Lens, widget baru memungkinkan pengguna membuka tab Incognito langsung. Untuk menambahkannya, tekan lama ikon Chrome dan pilih Widget.

Share
×
tekid
back to top