sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
Rabu, 01 Apr 2020 06:58 WIB

Cara tingkatkan kecepatan internet di rumah

Pemakaian Wi-Fi di rumah lebih sering daripada biasanya selama Work From Home. Kecepatan internet pun akan menurun karena satu dan lain hal. Begini cara meningkatkan kecepatan internet di rumah Anda.

Cara tingkatkan kecepatan internet di rumah
Source: Pinterest

Selama kerja dan belajar dari rumah, pemakaian Wi-Fi jadi lebih sering daripada biasanya. Apalagi ketika semua orang di rumah berkumpul karena tidak diperbolehkan keluar. Pemakaian internet pun meningkat tiap harinya dan memperlambat kecepatan internet. Hal ini menjadi kendala bagi mereka yang sangat menbutuhkan koneksi internet dalam menyangga aktivitasnya.

Guna memperbaiki kecepatan internet dan membuatnya stabil, berikut tips yang bisa anda terapkan pada Wi-Fi di rumah.

1. Lakukan pemeriksaan cepat

Melakukan pemeriksaan kecepatan internet merupakan langkah pertama yang bisa Anda lakukan. Pastikan apakah kecepatan internet yang Anda dapatkan, sesuai dengan jumlah tagihan yang dibayar. Cara paling populer adalah dengan mengunjungi laman Speedtest.net. Laman ini dikembangkan oleh Ookla. 

Gunakan jaringan Wi-Fi yang ingin Anda cek kecepatannya lalu buka laman Speedtest.net. Lalu tekan tombol "Go". Setelah itu layar akan menampilkan kecepatan internet yang telah anda gunakan untuk mengunduh dan mengunggah.

Jika kecepatan Anda jauh lebih rendah dari  yang diharapkan dari koneksi Anda, maka inilah saatnya untuk membuat beberapa perubahan untuk mempercepat koneksi Wi-Fi Anda.

2. Pastikan firmware router versi terbaru

Kebanyakan dari anda pasti tidak pernah memperbarui router. Ada pun yang melakukan perbaruan ini, mereka melakukannya secara manual. Sebenarnya, router modern dan terbaru memiliki fitur update router secara otomatis.

3. Gunakan kabel ethernet

Tinggal di lingkungan penduduk yang rapat, sangat memungkinkan semua orang online sekaligus. Banyaknya jaringan Wi-Fi dapat menyebabkan banyak masalah. Solusi yang tepat adalah gunakan kabel ethernet untuk menyambungkan langsung ke perangkat anda. Perbandingan kecepatan internet sebelum dan sesudah menggunakan kabel akan terlihat jelas.

4. Pindahkan router atau penghalang

Sebuah dinding yang menghalangi router dengan perangkat, memberikan perbedaan kecepatan. Makin banyak dinding atau rak buku yang menghalangi, kecepatan internet akan melambat. Coba posisikan router dengan tempat perangkat Anda berada. 

5. Ubah saluran router

Tinggal berdekatan dengan tetangga yang juga memiliki jaringan Wi-Fi lagi-lagi dapat menyebabkan masalah pada router Anda. Jaringan Anda mungkin terganggung dengan sinyal Wi-Fi tetangga. Hal ini dikarenakan kedua router berbagi saluran yang sama pada suatu frekuensi. Anda dapat mengubah saluran router melalui pengaturan PC. Saluran terbaik adalah 1, 6, dan 11 karena mereka tidak tumpang tindih dengan yang lain.

6. Pisahkan pekerjaan dengan permainan

Bagi yang memiliki anak kecil di rumah, kecepatan internet anda pasti terbagi dengan permainan atau video yang sedang dinikmati anak. Sebagian besar router terbaru memiliki band 2.4GHz dan 5GHz. Anda dapat mengatur penggunaan perangkat Anda untuk bekerja dan perangkat anak untuk bermain pada band yang berbeda. Pengaturan ini dapat diakses melalui pengaturan router secara manual. 

7. Beli Wi-Fi extender

Jika tips di atas masih kurang membantu meningkatkan kecepatan internet Anda, mungkin ini saatnya untuk membeli Wi-Fi extender yang harganya mungkin masih terjangkau pada beberapa brand. Cara menasangnya pun cukup mudah, hanya dengan menghubungkannya ke stop kontak. 

Sekian tips untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi di rumah anda. Semoga #WFH kalian semakin lancar ya.

Share
×
tekid
back to top