sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 14 Des 2021 12:54 WIB

Berapa uang yang dihabiskan gamer Indonesia di 2021?

Dalam sebuah laporan terbaru dari AppsFlyer, mereka mengungkapkan gamer mobile Indonesia menghabiskan Rp2 triliun di 2021.

Berapa uang yang dihabiskan gamer Indonesia di 2021?

Dalam beberapa laporan, industri gaming selama dua tahun terakhir ini telah mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan jumlah gamer di seluruh dunia, termasuk Indonesia, terus membludak.

Dalam sebuah laporan yang diumumkan oleh AppsFlyer, ditemukan beberapa fakta dari gamer mobile di Indonesia. Dan salah satu yang menarik perhatian adalah pengeluaran yang dilakukan masyarakat Indonesia di dalam gim selama satu tahun terakhir ini.

AppsFlyer mengatakan, mobile gamers di Indonesia telah mengeluarkan total USD140, miliar atau sekitar Rp2 triliun lebih. Dalam laporan tersebut, mereka mengatakan benda yang dibeli mencakup item, avatar, mata uang dalam gim, dan lainnya.

Ada beberapa kategori yang mendapatkan penghasilan paling besar, seperti kategori mid-core yang mencakup gim seperti Roblox, eFootball PES, Coin Master, Genshin Impact, dan Clash of Clans.

Gim-gim di kategori tersebut pun mencakup 95% dari total spending untuk gim di seluruh Indonesia. Sementara itu 5% dari pendapatan In App Purchase (IAP) lainnya terbagi di beberapa kategori gim lain.

Kategori hardcore misalnya mendapatkan sekitar USD5,1 miliar atau lebih dari Rp73,2 triliun. Kategori casual di sisi lain mendapatkan penghasilan USD1,3 miliar atau lebih dari Rp18,6 triliun.

Lalu ada kategori social casino dengan pendapatan sekitar USD515 juta atau lebih dari Rp7,3 triliun. Dan kategori Hyper Casual memiliki pendapatan sekitar USD44 juta atau lebih dari Rp631 miliar.

Tag
Share
×
tekid
back to top