sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
Jumat, 24 Jan 2020 18:39 WIB

Begini cara kenali hasil pencarian organik dan iklan di Google Search

hasil pencarian Google biasanya berisi dua kategori, yakni iklan dan “hasil pencarian” itu sendiri yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan, bahasa kerennya organik.

Begini cara kenali  hasil pencarian organik dan iklan di Google Search
Source: Pexels

Google Search menjadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di internet. Hampir setiap hari jutaan orang di dunia membutuhkan informasi, Google Search menjadi rujukan utama. Karenanya, Google Search juga menjadi tempat favorit para pengiklan di dunia maya. 

Perlu diketahui, hasil pencarian Google biasanya berisi dua kategori, yakni iklan dan “hasil pencarian” itu sendiri yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan, yang biasa dikenal dengan hasil pencarian organik. Nah, iklan itu sendiri biasanya terdapat di posisi paling atas dari hasil pencarian. Dulu Google memisahkan hasil pencarian organik dengan iklan. Pengguna bisa dengan mudah membedakan mana iklan dengan hasil organik tersebut. 

Nah, kini sebuah desain baru diberikan oleh Google untuk tautan iklan tersebut. Di desain baru ini, Google tampak menghapus batasan antara iklan dengan hasil pencarian organik. Bagi pengguna yang tidak sadar, iklan ini dapat disangka sebagai hasil pencarian organik. Pasalnya tidak ada pembeda jelas di antara keduanya. 

Dilansir dari Mashable (24/1), pembeda antara iklan dengan hasil organik akan terdapat di atas judul hasil pencarian yang relevan. Sebuah iklan akan ditandai dengan logo bertuliskan “Ad”. Sementara hasil organik akan menampilkan logo website yang bersangkutan di samping alamat url-nya. Iklan akan ditempatkan di urutan paling atas di hasil pencarian.

Yang menjadi masalah, pengguna yang tidak sadar akan menyangka kalau iklan yang berada di paling atas itu merupakan hasil pencarian organik, yang paling sesuai dengan kata kunci yang mereka masukkan. 

Nah, untuk kalian yang hendak melakukan pencarian di internet, khususnya di Google Search, ada baiknya perhatikan logo yang berada di sebelah kiri dari daftar hasil pencarian tersebut. Posisi paling atas belum tentu merupakan hasil organik. Namun jika posisi itu menampilkan logo situs yang bersangkutan, berarti itu merupakan hasil pencarian paling relevan yang ditawarkan Google. 

Share
back to top