sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 17 Des 2020 11:09 WIB

Bahaya membawa smartphone sambil diisi daya ke kamar mandi

Seorang wanita asal Rusia tewas tersengat listrik setelah smartphone yang sedang diisi daya masuk ke bak mandinya.

Bahaya membawa smartphone sambil diisi daya ke kamar mandi
Source: Pexels

Di zaman yang serba digital, gawai merupakan benda yang tidak bisa lepas dari manusia. Benda pintar ini selalu ada di genggaman ke manapun pemiliknya pergi, termasuk kamar mandi atau toilet. Namun sejatinya, kebiasaan ini tidak dibenarkan. Barang elektronik seharusnya dijauhkan dari sumber air karena kemungkinan terburuknya adalah nyawa Anda melayang.

Belum lama, seorang wanita asal Rusia ditemukan tewas di dalam bak mandinya bersama smartphone yang masih terhubung ke pengisi daya. Dilansir dari Gizmochina (17/12), paramedis setempat yang datang ke lokasi kejadian melaporkan bahwa Olesya Semenova (24 tahun) tewas tersengat listrik ketika iPhone-nya jatuh ke air di dalam bak mandi yang dia duduki.

Setelah insiden tersebut terjadi, pemerintah Rusia memberikan peringatan kepada masyarakat dan mengingatkan betapa tidak cocoknya barang-barang elektronik dengan air. Sebelumnya pada Agustus, insiden yang sama juga pernah terjadi. Seorang siswi berusia 15 tahun yang diidentifikasi sebagai Anna K meninggal di Moskow setelah mengalami sengatan listrik di kamar mandinya. Selain itu pada 2019, bintang poker terkenal Liliya Novikova juga tersengat listrik di kamar mandinya saat menggunakan pengering rambut.

Charity Electrical Safety First pada 2017 lalu pernah menyoroti bahaya memiliki peralatan listrik di sekitar air. Dilansir dari BBC (17/12), Manajer Keamanan Produk Steve Cutler mengatakan bahwa orang tidak akan tersengat listrik dari perangkat seluler seperti laptop atau ponsel jika tidak sedang diisi daya. Perangkat semacam itu biasanya memiliki tegangan rendah 5V hingga 20V sehingga pengguna mungkin tidak akan merasakannya jika bersentuhan dengan air. Namun menjadi bahaya, ketika benda tersebut dicolokkan ke sumber listrik utama.

Cutler menambahkan, pengisi daya murah dan tidak bermerek mungkin tidak menawarkan perlindungan dalam hal ini, tetapi bahkan pengisi daya asli bermerek pun masih memiliki risiko menyengat listrik kepada pengguna.

Kejadian ini mengingatkan kita agar selalu waspada dan bijaksana dalam penggunaan barang elektronik. Daripada membawa gadget ke kamar mandi, lebih baik Sahabat Tek membawa buku atau komik untuk dibaca. Lebih aman bukan?

Share
×
tekid
back to top