sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Selasa, 12 Okt 2021 16:12 WIB

ASUS Turbo GeForce RTX 3070 Ti hadir dengan pendingin blower

ASUS baru saja memperkenalkan GPU ASUS Turbo GeForce RTX 3070 Ti yang menggunakan pendingin tipe blower.

ASUS Turbo GeForce RTX 3070 Ti hadir dengan pendingin blower

ASUS nampaknya akan segera memperkenalkan satu GPU terbaru mereka untuk keluarga NVIDIA RTX 30 series. Menariknya, GPU generasi terbaru ini akan memiliki sistem pendinginan yang tidak biasa. Pendingin yang dimaksud pada GPU ASUS juga bukan kipas pendingin dari Noctua. Namun, pendingin yang akan digunakan pada GPU terbaru ASUS ini merupakan sebuah GPU kustom yang akan menggunakan tipe pendingin blower.

Mereka kabarnya akan memperkenalkan GPU dengan pendingin tersebut dengan nama ASUS Turbo GeForce RTX 3070 Ti. Untuk spesifikasinya, GPU ini akan memiliki prosesor grafis NVIDIA GA104-400 dengan 6144 CUDA core dengan clock hingga 1800 MHz dalam mode boost OC.

Pengguna juga akan mendapatkan VRAM sebesar 8GB dengan kecepatan GDDR6X 19 GT/s. GPU ini memiliki dua konektor daya tambahan delapan pin serta empat output tampilan (tiga DisplayPort 1.4a, satu HDMI 2.1).

Dilansir dari Tom’s Hardware (12/10),  konfigurasi yang digunakan oleh ASUS sangat aneh. Bahkan, NVIDIA saat meluncurkan GeForce RTC 30 series sudah mulai meninggalkan pendingin tipe tersebut.

Seperti diketahui, pendingin tipe blower memiliki reputasi kontroversial. Pendingin ini pertama kali diperkenalkan ke dunia PC di NVIDIA GeForce FX 5800 Ultra. Kala itu, pendingin ini tidak memiliki performa yang baik, hanya saja suara dari kipasnya sangat keras.

Seiring waktu, pengembang GPU belajar bagaimana menerapkan pendingin blower dengan benar untuk memastikan kipas mereka tidak mengeluarkan suara sekeras itu. Tapi, hingga saat ini performa dari pendingin tipe blower belum ada yang mengesankan. Meski begitu, belum diketahui apakah ASUS punya senjata rahasia untuk GPU ini, Yang pasti, mereka melakukan sebuah pertaruhan besar dengan meluncurkan GPU dengan tipe pendingin seperti ini.

Share
×
tekid
back to top