sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 02 Feb 2022 08:39 WIB

Paten baru Apple hadirkan teknologi Touch Bar di bezel MacBook

Menurut laporan terbaru USPTO, Apple sedang mengerjakan laptop dengan tombol sentuh di sisi-sisi layar.

Paten baru Apple hadirkan teknologi Touch Bar di bezel MacBook

Apple dilaporkan semakin dekat dalam pengembangan laptop pro-grade berteknologi layar sentuh. Hal ini berdasarkan paten baru yang diajukan oleh Apple kepada United States Patent and Trademark Office, mengutip dari Digital Trends (2/1).

Menurut aplikasi USPTO, Apple sedang mengerjakan penutup untuk laptop - kemungkinan untuk perangkat MacBook Pro - dari bahan premium, seperti ceramic. Meskipun terbilang baru dalam kategori laptop, namun material ini sudah lama diuji oleh perusahaan dan memberikan ketahanan lama pada perangkat wearable mereka, yakni Apple Watch.

Selain itu di sekitar layar laptop, terdapat tombol sentuh yang dapat berubah dan menyala secara dinamis tergantung penggunaannya. Apple menjelaskan tombol-tombol sentuh ini akan berfungsi mirip dengan Touch Bar. 

Dalam pengajuan USPTO tersebut, Apple mengatakan susunan mikroperforasi di area sekitar layar tidak akan terlihat secara visual oleh mata tanpa penerangan. Tetapi ketika pengguna membutuhkan tombol, maka itu akan menyala. Apple mengilustrasikan tombol email akan muncul dengan menekan bezel kanan atas laptop.

Teknologi bezel yang tertanam di sekitar layar dan menampung tombol sentuh ini menunjukkan perusahaan berpotensi untuk mengembangkan MacBook layar sentuh, atau setidaknya ini representasi terdekat kita atas MacBook dengan layar sentuh. Seperti diketahui, para petinggi Apple pernah menolak gagasan laptop layar sentuh, bahkan setelah pesaingnya, Chrome OS dan Windows meluncurkan layar sentuh. 

“Kami membuat komputer sentuh terbaik di dunia lewat iPad,” kata John Ternus, wakil presiden senior insinyur perangkat keras Apple, kepada Wall Street Journal dalam sebuah wawancara tahun lalu. “Ini benar-benar dioptimalkan untuk itu. Dan Mac benar-benar dioptimalkan untuk input tidak langsung. Kami belum benar-benar merasakan alasan untuk mengubahnya (ke layar sentuh).”

Share
×
tekid
back to top