sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Jumat, 02 Des 2022 10:28 WIB

Apple kuasai pasar ponsel di Tiongkok

Menurut perusahaan riset Counterpoint Research, Apple telah berhasil mendominasi pasar ponsel di negara Tiongkok.

Apple kuasai pasar ponsel di Tiongkok

Persaingan di pasar ponsel semakin sengit. Namun, ada satu merek yang berhasil mengungguli pesaingnya di hampir setiap pasar. Adalah Apple, yang berada di depan para pesaingnya, terutama di segmen premium. Selain itu, perusahaan mempertahankan dominasi ini bahkan di pasar seperti Tiongkok di mana merek domestik sangat kuat. Menurut laporan terbaru, Apple mencapai pangsa pasar bulanan tertinggi di Tiongkok.

Apple mencapai pangsa pasar bulanan tertinggi (25%) di Tiongkok pada Oktober 2022, sekaligus menjadi perusahaan nomor 1 di negara itu selama dua bulan berturut-turut, menurut Counterpoint Research. Sementara penjualan produsen ponsel utama lainnya menurun di bulan Oktober, Apple tumbuh 21% month-on-month (MoM). Secara year-on-year (YoY), penjualan Tiongkok turun 15%, sementara penjualan Apple turun hanya 4%.

Dilansir dari Gizmochina (12/1), Apple telah mencapai level tertinggi baru dalam hal pangsa pasar di Tiongkok selama dua tahun terakhir. Ini mencapai rekor pangsa pasar bulanan pada November dan Desember 2020, dan pada Oktober, November, dan Desember 2021. Khususnya, 2020 juga merupakan tahun ketika sanksi AS dijatuhkan pada Huawei.

Mengomentari pertumbuhan pasar di Tiongkok, Direktur Riset Ethan Qi mengatakan, “Pasar Tiongkok lesu karena berbagai faktor, termasuk tekanan ekonomi makro dan lockdown Covid-19 yang memukul sentimen konsumen. Penjualan keseluruhan turun 4% MoM. Namun Apple berhasil menentang tren pasar. Hal ini juga menunjukkan sifat tangguh segmen premium”.

Melihat tren selama dua tahun terakhir di Tiongkok, terbukti bahwa Apple telah muncul sebagai pemenang yang jelas atas pangsa Huawei di pasar premium. Ini hampir menjadi pemimpin yang tak terbantahkan di segmen premium Tiongkok.

Seri iPhone 14 telah dimulai secara baik dengan iPhone 14 Pro dan Pro Max berperforma lebih baik dari generasi sebelumnya. iPhone 13 juga terus bekerja dengan baik, karena iPhone 14 menawarkan sedikit perbedaan dari iPhone 13.

Share
×
tekid
back to top