sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Minggu, 12 Nov 2023 03:59 WIB

Apple akan kembangkan ISP sendiri untuk iPhone

Apple dilaporkan mengembangkan Image Signal Processor (ISP) internal untuk iPhone. Ini akan memungkinkan kontrol gambar yang lebih baik.

Apple akan kembangkan ISP sendiri untuk iPhone
Source: PathPartner

Apple dilaporkan mengembangkan Image Signal Processor (ISP) internal untuk meningkatkan kemampuan kamera iPhone. Berita ini datang dari tipster Tiongkok yang menyatakan bahwa Apple sedang mengevaluasi desain ISP buatannya sendiri.

Dilansir dari Gizmochina (12/11), chip yang dirancang khusus ini diharapkan memasuki produksi massal pada paruh kedua tahun 2026 dan akan diproduksi oleh TSMC.

Sebagai informasi, ISP memainkan peran penting dalam fotografi ponsel. Komponen ini memproses data gambar mentah yang ditangkap oleh sensor kamera dan mengubahnya menjadi gambar berkualitas tinggi dengan melakukan berbagai tindakan.

Hal tersebut termasuk pemrosesan HDR, penyesuaian exposure, penajaman gambar, demosaicing, pengurangan noise, koreksi white balance, koreksi distorsi lensa, dan banyak lagi.

Saat ini, Apple mengandalkan ISP Sony untuk iPhone. Namun, dengan ISP buatan sendiri, Apple akan memiliki kontrol lebih besar terhadap saluran pencitraan dan dapat mengoptimalkannya secara khusus untuk perangkatnya.

Apple dikenal karena pendekatannya yang cermat terhadap pengembangan perangkat keras, sehingga kita dapat mengharapkan ISP baru ini menjadi langkah maju yang signifikan bagi teknologi kamera perusahaan. Meski demikian, informasi ini belum secara resmi dikonfirmasi oleh Apple, jadi mungkin akan ada perubahan di masa mendatang.

Share
×
tekid
back to top