sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 06 Des 2022 15:50 WIB

Apple akan alihkan beberapa produksi iPad dari Tiongkok ke India

Raksasa teknologi Apple dilaporkan sedang mendiskusikan pembuatan beberapa iPad di India setelah pembatasan Covid baru memicu protes di seluruh negeri di Tiongkok.

Apple akan alihkan beberapa produksi iPad dari Tiongkok ke India

Setelah mengalihkan produksi iPhone dari Tiongkok, sekarang tampaknya Apple memperhatikan produksi iPad. Apple sekarang sedang mendiskusikan produksi iPad di India untuk membantu mendiversifikasi rantai pasokannya, sebagaimana dilaporkan oleh CNBC.

Berita itu muncul hampir dua tahun setelah muncul laporan bahwa Apple juga mempertimbangkan untuk membuat iPad di Vietnam. Dilansir dari The Verge (6/12), Apple melakukan ini karena mereka ingin memindahkan hingga 30% manufakturnya ke luar Tiongkok.

Apple telah mencoba mendiversifikasi manufakturnya selama bertahun-tahun di tengah perang dagang antara Tiongkok dan AS, serta meningkatnya biaya tenaga kerja di Tiongkok. Baru-baru ini, pembatasan Covid yang ketat memicu protes di seluruh negeri yang bulan lalu memaksa Apple untuk mengurangi produksi iPhone 14 di negara itu, sehingga menyebabkan penundaan pengiriman.

CNBC mengatakan mungkin ada beberapa komplikasi dalam perpindahan ke India. Kurangnya individu yang berpengalaman di India dalam pembuatan perangkat kompleks seperti iPad dan sengketa teritorial yang berkembang antara Tiongkok dan India dapat menimbulkan hambatan.

Awal tahun ini, Apple juga mulai memproduksi iPhone 14 di India selatan tak lama setelah diluncurkan. Ini menandai pertama kalinya raksasa teknologi itu mengalihkan produksi dari Tiongkok ke India begitu cepat setelah merilis ponsel flagship-nya.

Para ahli memperkirakan produksi iPhone di India juga akan meningkat selama beberapa tahun ke depan, meski agak lambat.

“Saya pikir dalam lima tahun, 35% (iPhone) akan diproduksi di India,” kata Gene Munster di Loup Ventures kepada CNBC. “Saya pikir Apple akan menambah produksi iPhone ke negara lain di luar India dan Tiongkok dalam lima tahun ke depan.”

Sementara itu, Nikkei Asia melaporkan pada bulan Agustus bahwa Apple sedang mendiskusikan pengalihan produksi MacBook dan Apple Watch ke Vietnam untuk pertama kalinya. Menurut laporan itu, pemasok Apple Luxshare sudah mulai menguji produksi perangkat itu di negara tersebut.

Share
×
tekid
back to top