sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Rabu, 08 Des 2021 10:49 WIB

AMD tunjuk Samsung untuk produksi chipset Chromebook

Seorang analis JP Morgan menyebut AMD akan menunjuk Samsung untuk memproduksi chipset untuk Chromebook.

AMD tunjuk Samsung untuk produksi chipset Chromebook

AMD dikabarkan tertarik untuk mengalihkan produksi chipset untuk low powered laptop seperti Chromebook. Mereka dikabarkan akan menunjuk perusahaan baru untuk memproduksi chipset tersebut.

Dalam sebuah laporan terbaru, AMD dikabarkan telah menggandeng perusahaan baru untuk memproduksi chipset tersebut. Mereka mungkin akan mengalihkan produksinya dari GlobalFoundries dan TSMC ke Samsung untuk memproduksi chipset tersebut.

Seperti diketahui, AMD telah berbisnis dengan kedua perusahaan tersebut lebih dari satu dekade. Dilansir dari Tom’s Hardware (8/12), AMD akan menggunakan teknologi 4nm milik Samsung untuk membuat chipset entry-level mereka. 

Analis dari JP Morgan, Gokul Hariharan, mengatakan bahwa Samsung dan AMD kemungkinan akan melakukan produksi massal pada akhir 2022 mendatang. Dia juga mengatakan bahwa keputusan menggunakan Samsung dikarenakan AMD punya perhitungan tersendiri.

Beberapa sumber mengatakan bahwa AMD secara eksklusif mengandalkan GlobalFoundries pada awalnya, lalu kemudian beralih ke TSMC karena dua alasan. Pertama, AMD memiliki perjanjian pasokan wafer dengan GlobalFoundries yang mencegahnya menggunakan TSMC dan pengecoran lainnya secara ekstensif. 

Kedua, AMD mengendalikan biaya pengembangannya dengan menggunakan kembali blok IP yang disesuaikan untuk teknologi chip tertentu, dengan menurunkan jumlah node yang sebenarnya digunakan.

Hal yang menarik adalah Gokul mengatakan bahwa AMD juga memiliki ketertarikan untuk menggandeng Samsung untuk memproduksi perangkat lain. "Selain itu, kami percaya bahwa AMD kemungkinan akan mengevaluasi beberapa proyek (mungkin untuk GPU) di Samsung 3nm pada 2023/2024,” ujar Gokul.

“Tetapi sebagian besar platform intinya (CPU untuk server, seluler, dan desktop) kemungkinan akan tetap menggunakan TSMC. N3."

Sementara itu, JP Morgan percaya bahwa AMD akan terus menerapkan teknologi fabrikasi baru secara konservatif dan tidak akan menjadi yang pertama menggunakan teknologi terbaru. Analis mengharapkan AMD untuk mengadopsi teknologi N3 TSMC pada tahun 2024. 

Share
×
tekid
back to top