sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 27 Jan 2022 09:25 WIB

AI Google Drive salah identifikasi data pengguna sebagai data berbahaya

Beberapa pengguna Google Drive dilaporkan tidak bisa mengakses data mereka karena diidentifikasi sebagai data berbahaya.

AI Google Drive salah identifikasi data pengguna sebagai data berbahaya

Beberapa pengguna Google Drive dilaporkan tidak bisa mengakses file mereka karena ditangguhkan. Hal ini merupakan buntut dari masalah kebijakan baru Google Drive yang diperkenalkan bulan lalu, terkait layanan penyimpanan cloud-nya dalam menandai dan membatasi secara otomatis data yang dianggap melanggar kebijakan dan penyalahgunaan Google.

Google mengatakan, tujuan dari kebijakan baru tersebut untuk melindungi pengguna dari aktivitas kejahatan siber, pelanggaran hak cipta, ujaran kebencian, dan banyak lagi. Namun, tampaknya sistem AI salah mengidentifikasi sehingga mencegah pengguna membagikan atau membuka akses datanya di Google Drive, menurut laporan TechRadar (27/1).

Laporan yang sama menyatakan, kebijakan ini sejak awal dikhawatirkan tidak dapat membedakan antara file resmi dengan konten yang melanggar. Namun, Google pada saat itu menolak mengomentari kemungkinan terjadinya kesalahan klasifikasi tersebut.

Google Drive menandai file pengguna yang sepenuhnya tidak berbahaya sebagai file yang tidak pantas, termasuk file ".txt" yang hanya berisi satu karakter numerik. Dr. Emily Dolson, asisten profesor di Michigan State University membagikan masalah ini lewat cuitannya.

Terlebih lagi, Dolson tidak ditawari cara untuk meminta peninjauan atas keputusan yang dibuat oleh algoritma yang salah itu. Menanggapi cuitan Dolson, salah seorang insinyur Google, Misha Brukman mengatakan perusahaan sedang berupaya untuk memperbaiki masalah tersebut. 

Sementara itu, Google mengonfirmasi kepada TechRadar Pro bahwa masalah tersebut sudah diatasi. Google Drive mengatakan akan terus bekerja untuk melindungi keamanan dan keselamatan pengguna dan menangani perlindungan hak cipta dengan serius.

"Kami telah memperbaiki semua kasus yang diketahui di mana file salah ditandai karena melanggar kebijakan Pelanggaran Hak Cipta Google, dan telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah hal ini terjadi pada file baru di masa mendatang," ujar perwakilan Google Drive.

Share
×
tekid
back to top