sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
Kamis, 13 Feb 2020 15:19 WIB

AI dari MIT bisa perbarui artikel Wikipedia

Sistem yang berbasis machine-learning tersebut dilatih untuk mengenali perbedaan kalimat artikel Wikipedia dan kalimat klaim dengan fakta yang diperbarui.

AI dari MIT bisa perbarui artikel Wikipedia
Source: MIT via Engadget

Terkadang kita merasa agak skeptis terhadap artikel di Wikipedia karena beberapa alasan. Misalnya, kemungkinan informasi yang sudah ketinggalan zaman. Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) kemungkinan memiliki solusi yang lebih berguna dan lebih elegan

Dilansir dari Engadget (13/2), para peneliti tersebut berhasil mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang secara otomatis dapat menulis ulang kalimat usang di artikel Wikipedia sambil mempertahankan gaya bahasa manusia. Kalimat yang ditulis tidak akan terasa kaku, dan paragraf akan dibuat secara hati-hati.

Sistem yang berbasis machine-learning tersebut dilatih untuk mengenali perbedaan kalimat artikel Wikipedia dan kalimat klaim dengan fakta yang diperbarui. Jika machine-learning melihat kontradiksi di antara kedua kalimat tersebut, ia menggunakan “neutrality masker” untuk menunjukkan dengan tepat kata-kata kontradiktif yang perlu dihapus dan yang perlu dipertahankan. Setelah itu, kerangka encoder-decoder menentukan cara menulis ulang kalimat Wikipedia menggunakan representasi yang disederhanakan dari kalimat itu dan klaim baru.

Machine-learning tersebut juga dapat digunakan untuk melengkapi serangkaian data yang dimaksudkan untuk melatih detektor berita palsu, sehingga berpotensi mengurangi bias dan meningkatkan akurasi kalimat artikel.

Manusia menilai akurasi teknologi AI terbaru dari MIT dengan memberikan skor rata-rata 4 dari 5 poin untuk pembaruan faktual dan 3,85 dari 5 poin untuk tata bahasa. Ini lebih baik daripada sistem lain untuk menghasilkan teks. Namun, jika para peneliti dapat menyempurnakan AI lebih baik lagi, mungkin berguna untuk melakukan pengeditan hal lain seperti dokumen penting.

Share
×
img
×
tekid
back to top