sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Senin, 31 Jul 2023 16:31 WIB

5 perusahaan komputer berpengaruh yang dilupakan

Berikut ini lima perusahaan komputer yang dilupakan, namun meninggalkan pengaruh yang tak terhapuskan tentang cara kita hidup, bekerja, dan berkomunikasi di era digital saat ini.

5 perusahaan komputer berpengaruh yang dilupakan
Source: Unsplash/Federica Galli

Dalam dunia teknologi yang bergerak cepat dan selalu berubah, perusahaan datang dan pergi seperti bintang jatuh, meninggalkan dampak mendalam yang membentuk arah industri teknologi.

Meskipun kita tidak asing dengan nama-nama perusahaan raksasa teknologi, penting untuk diakui bahwa kita juga kerap melupakan pemain yang kurang dikenal, padahal telah memberikan kontribusi signifikan dalam lanskap teknologi.

Kisah-kisah perusahaan teknologi yang terlupakan ini berfungsi sebagai pengingat akan kesuksesan yang sementara di dunia teknologi. Mereka menunjukkan pentingnya inovasi berkelanjutan, kemampuan beradaptasi, dan kemampuan untuk meramalkan perubahan kebutuhan konsumen dan bisnis. 

Sebagai refleksi, berikut ini lima perusahaan komputer yang terlupakan, namun pengaruh yang tak terhapuskan tentang cara kita hidup, bekerja, dan berkomunikasi di era digital saat ini.

  • NeXT

NeXT, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs pada tahun 1985 setelah ia hengkang dari Apple, mungkin merupakan pemain yang terlupakan di dunia teknologi, namun dampaknya tidak bisa diremehkan.

Berspesialisasi dalam workstation komputer, NeXT meluncurkan NeXT Computer yang inovatif pada tahun 1988. Sementara penjualan terbatas, kontribusi perusahaan terhadap inovasi teknologi dan komputer sangat luas.

Salah satu pengaruh NeXT yang paling signifikan adalah pemrograman berorientasi objek dan antarmuka pengguna grafis, yang meletakkan dasar bagi kemajuan industri teknologi di masa depan. Perusahaan mengembangkan OpenStep dan WebObjects. 

Pada tahun 1997, Apple mengakuisisi NeXT seharga USD400 juta, menandai momen penting saat Steve Jobs kembali ke perusahaan yang didirikannya. Dampak NeXT pada teknologi komputer tidak dapat disangkal. Sistem operasi NeXT akhirnya bergabung dengan Mac OS, membentuk Mac OS X dan mengubah ekosistem komputasi Apple.

  • BBN Technologies

Didirikan pada tahun 1948, BBN Technologies yang sebelumnya Bolt Beranek and Newman Inc., adalah perusahaan penelitian dan pengembangan Amerika yang telah meninggalkan dampak abadi di berbagai bidang berkat kontribusi inovatif dan proyek terobosannya.

Salah satu pencapaian BBN yang paling signifikan adalah keterlibatannya dalam pengembangan awal teknologi komputer dan sistem pembagian waktu. Mereka adalah pionir dalam mengintegrasikan komputer dengan obat-obatan, membuka jalan bagi kemajuan teknologi medis yang kita manfaatkan saat ini.

Selama tahun 1970-an hingga akhir 1980-an, kontribusi BBN ke dunia teknologi mencapai ketinggian baru dengan pengembangan Interface Message Processors (IMPs).

IMP ini berperan penting dalam sejarah ARPANET, pendahulu internet modern. Dengan menciptakan IMP sebagai sistem komunikasi packet-switching eksperimental, BBN meletakkan dasar untuk router modern dan web yang saling terhubung yang kita gunakan untuk komunikasi saat ini.

Dampak BBN jjuga meluas ke hari-hari awal komunikasi email. Karyawan perusahaan dan superstar Ray Tomlinson berperan penting dalam menambahkan tanda "@" yang digunakan dalam alamat email dan berkontribusi dalam mengembangkan email jaringan, dasar untuk sistem email modern.

BBN juga memiliki andil dalam membentuk masa depan pendidikan. Kelompok pendidikan mereka mengembangkan bahasa pemrograman Logo untuk anak-anak, menjadikan pemrograman mudah diakses dan menyenangkan bagi pelajar muda.

Pada tahun 2009, Raytheon, perusahaan teknologi terkemuka lainnya, mengenali potensi BBN dan mengakuisisinya. Sejak saat itu, BBN melanjutkan pekerjaan inovatifnya, dengan lokasi kantor yang berbeda, berkontribusi pada berbagai teknologi jaringan dan jaringan satelit.

  • Atari

Atari, meski tidak dilupakan seperti perusahaan lain dalam daftar, adalah perusahaan yang mulai memudar dari kesadaran publik seiring berjalannya waktu.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1972 oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney ini memainkan peran penting dalam membentuk dunia teknologi, khususnya di bidang gim dan hiburan.

Perusahaan memelopori arcade game dan konsol video game rumahan di masa-masa awalnya, menghadirkan hiburan interaktif kepada publik. Kesuksesan Atari melampaui video game, melambangkan kemenangan Silicon Valley dan menginspirasi tokoh-tokoh teknologi masa depan, termasuk Steve Jobs, yang bekerja di Atari sebelum ikut mendirikan Apple.

Salah satu pencapaian terobosan Atari adalah ...

    Share
    ×
    tekid
    back to top