sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Minggu, 07 Jul 2024 13:00 WIB

Perusahaan Norwegia ciptakan ban netral karbon dari bahan daur ulang dan alga

Pembuat ban inovatif asal Norwegia, reTyre, telah menciptakan apa yang diklaim sebagai ban netral karbon pertama.

Perusahaan Norwegia ciptakan ban netral karbon dari bahan daur ulang dan alga
reTyre

Pembuat ban inovatif asal Norwegia, reTyre, telah menciptakan apa yang diklaim sebagai ban netral karbon pertama. Memulai debutnya di Eurobike pekan lalu, konsep ini terbuat dari 100% bahan reklamasi – termasuk jaring ikan daur ulang dan manik-manik dari pelindung tubuh.

Beberapa waktu lalu ada perusahaan yang berbasis di Oslo yang memperkenalkan sistem zip-up baru untuk menambahkan kulit tapak yang dapat diganti ke ban dasar, yang memungkinkan pengendara mengatasi permukaan yang berbeda tanpa harus mengganti roda atau ban. Tahun lalu, reTyre meningkatkan upaya keberlanjutannya lebih jauh lagi dengan menawarkan solusi pembungkus roda bebas karet yang 100% dapat didaur ulang.

Dengan Eurobike yang akan membuka pintunya bagi perdagangan dan masyarakat, inovasi berlanjut dengan peluncuran konsep ban netral karbon yang "menandai langkah monumental menuju produksi ban berkelanjutan."

Dilansir dari New Atlas (7/7), casingnya dibuat menggunakan jaring ikan bekas yang diambil dari laut. Alga yang dipanen dari bunga di danau dan lautan di seluruh dunia digunakan dalam tapak, membantu memulihkan ekosistem perairan dan "mencegah eutrofikasi dan pelepasan metana."

Serat para-aramid (Kevlar) dari pelindung tubuh bekas yang didaur ulang dalam proses loop tertutup dimasukkan ke dalam manik-manik dan pelindung tusukan. Dan ban tersebut juga memanfaatkan daur ulang pasca-konsumen dari "aliran limbah lokal dengan kadar CO2 yang rendah".

Ban netral karbon tersebut sedang dalam tahap pengembangan konsep saat ini, dan reTyre tidak memberikan indikasi jadwal produksi dan ketersediaan. Produk ini akan dipamerkan bersama rangkaian ban berbasis bio dan dapat didaur ulang milik perusahaan saat ini – termasuk lini City baru yang ditujukan untuk pengendara sepeda perkotaan – di stan Eurobike reTyre di Hall 12.1 mulai tanggal 3 Juli.

“Jejak karbon produk ban ini didasarkan pada LCA [Penilaian Siklus Hidup] pihak ketiga kami yang terverifikasi, termasuk akhir masa pakainya, yang merupakan cara kami mengukur semua produk kami,” kata pemimpin proyek, Friedemann Ohse. “Proses produksi dan transportasi kami dioptimalkan hingga mendekati nol emisi. Masa pakai ban berkurang hingga hampir nol berkat daur ulang ban.

“Alga yang digunakan dalam ban memiliki emisi CO2 negatif, yang menyeimbangkan emisi yang tersisa untuk mencapai dampak net-zero. Dengan cara ini, kami memiliki produk netral karbon tanpa menggunakan jalan pintas yang sudah dikenal, seperti karbon kuota, subsidi, atau kontribusi lain yang tidak terkait dengan produk."

Share
×
tekid
back to top