sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Selasa, 02 Jul 2024 17:04 WIB

Tiongkok klaim 10 rekor dunia untuk jembatan dan terowongan laut

Tiongkok kembali menunjukkan sebuah proyek besar yang menghubungkan beberapa wilayah utama melalui jembatan dan terowongan laut.

Tiongkok klaim 10 rekor dunia untuk jembatan dan terowongan laut
Xinhua

Tiongkok kembali menunjukkan keunggulannya dalam bidang rekayasa dan konstruksi dengan menyelesaikan sebuah proyek besar yang menghubungkan beberapa wilayah utama melalui jembatan dan terowongan laut. Proyek ini, yang diklaim memecahkan 10 rekor dunia, merupakan bagian dari upaya besar-besaran negara ini untuk memperkuat konektivitas dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Dilansir dari New Atlas (2/7), jembatan/terowongan laut baru ini menghubungkan beberapa kota penting di Tiongkok dan mencakup berbagai struktur rekayasa yang luar biasa. Beberapa rekor dunia yang diklaim oleh proyek ini termasuk:

1. Bentang terbesar untuk jembatan gantung gelagar kotak baja lepas pantai sepenuhnya sepanjang 666 meter.

2. Dek jembatan tertinggi dengan 91 meter.

3. Izin navigasi tertinggi untuk jembatan laut

4. Jangkar jembatan gantung lepas pantai terbesar 34.000 meter kubik

5. Kecepatan uji hambatan angin tertinggi untuk jembatan gantung 83,7 meter

6. Dek jembatan baja terbesar dengan pengerasan jalan aspal epoksi campuran panas seluas 378.800 meter persegi.

7. Terowongan tabung terendam dua arah, delapan jalur terpanjang dengan 5.035 meter

8. Terowongan tabung terendam beton cangkang baja bawah air terluas 55,6 meter

9. Cetakan volume tunggal terbesar untuk tabung terendam cangkang baja menggunakan beton yang dapat memadat sendiri dengan 2000 meter kubik.

10. Penghenti air terluas berbentuk M yang dapat dilipat berulang kali dan digunakan pada sambungan akhir terowongan tabung terendam.

Selain itu semua, bagian terowongan ini dilengkapi beberapa fitur keselamatan yang menarik, termasuk sistem pemadam kebakaran dan pembuangan asap baru. Sebuah tim yang terdiri dari 14 robot terus-menerus berpatroli di terowongan, memantau pipa dan kabel yang menjaga semuanya berjalan lancar, dan bahkan dapat mengawasi kecelakaan mobil.

Ketika hal itu terjadi, mereka tampaknya dapat mengarahkan lalu lintas melalui pengeras suara yang terpasang di dalamnya, dan merekam adegan tersebut sambil mengirimkannya ke pusat kendali jarak jauh.

Lampu di sepanjang dinding juga dilengkapi sistem lampu berkode warna. Jika semuanya baik-baik saja, warnanya hijau, tetapi dalam keadaan darurat warnanya akan berubah menjadi merah. Mereka bahkan dapat berubah warna secara bertahap dari kuning menjadi hijau di sepanjang terowongan untuk membantu memandu orang ke arah yang benar selama evakuasi.

Jalur Shenzhen-Zhongshan bergabung dengan Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau – jembatan penyeberangan laut terpanjang di dunia, terletak sekitar 31 km jauhnya – dalam membantu masyarakat untuk berkeliling di daerah padat penduduk ini dengan lebih mudah.

Share
×
tekid
back to top