sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 04 Jun 2021 13:31 WIB

3 alasan penduduk Indonesia masih banyak gunakan jaringan 3G

Berikut tiga alasan penduduk Indonesia masih banyak yang menggunakan 3G menurut analisis OpenSignal.

3 alasan penduduk Indonesia masih banyak gunakan jaringan 3G
Source: Financial Tribune

5G memang sudah mulai digelar di Indonesia, namun bukan berarti Indonesia sudah siap melakukan transformasi digital sepenuhnya. Menurut analisis OpenSignal, masih banyak penduduk yang menggunakan 3G dan hal ini dapat memperlambat transformasi digital karena akan ada kesenjangan di antara pengguna 3G, 4G, maupun 5G.

OpenSignal dalam studinya menemukan, tiga alasan utama masyarakat masih menggunakan jaringan 3G pada smartphone-nya, atau yang kita sebut “3G-only users”

  • Tidak berlangganan 4G

Data menunjukkan 67,5% 3G-only users di Indonesia mempunyai smartphone yang mendukung 4G. Mereka juga menghabiskan waktu di area yang terjangkau oleh 4G. Kemungkinan terbesar adalah pengguna memilih untuk tidak berlangganan 4G. Sebab, merasa langganan yang ditawarkan operator terlalu mahal atau karena tidak mengetahui manfaat dari 4G itu sendiri.

  • Tidak memiliki perangkat yang mendukung 4G

Perekonomian masyarakat memang berperan penting dalam transformasi digital ini. Karena penghasilan yang rendah dan tidak mampu membeli smartphone 4G, sebanyak 16,8% dari 3G-only users hanya menghabiskan waktu di area yang terjangkau 4G tanpa memanfaatkanya.

Penyebab lain yang memungkinkan adalah kemampuan digital yang terbatas. Mereka sudah cukup nyaman dengan smartphone 3G, dan tidak ingin dipersulit ketika harus beradaptasi dengan smartphone 4G yang memiliki manfaat lebih kompleks.

  • Tidak terjangkau oleh jaringan 4G

Analisis menunjukkan, sebanyak 10,9% dari 3G-only users memiliki smartphone berkemampuan 4G, tetapi menghabiskan waktu di daerah yang tidak terjangkau 4G. Dengan kata lain, meskipun mereka mampu membeli smartphone 4G dan memiliki wawasan digital untuk penggunaannya, namun wilayah tempat tinggal tidak memungkinkan menjalankan jaringan 4G.

Share
×
tekid
back to top