sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
Selasa, 05 Mei 2020 04:20 WIB

Robot ini bisa lumpuhkan virus corona dalam 2 menit

Dalam sekitar dua hingga tiga menit, radiasi ultraviolet yang dihasilkan robot menjadikan virus lumpuh dan tidak berfungsi secara normal.

Robot ini bisa lumpuhkan virus corona dalam 2 menit
Source: Gizmochina

Ada sebuah robot baru yang hadir untuk membasmi kuman dan virus di rumah sakit. Robot ini diklaim mampu melumpuhkan virus corona (Covid-19) dalam waktu kurang dari 2 menit dan mungkin segera diterapkan di ruang publik sebagai metode yang efektif agar dapat menghilangkan virus di daerah padat penduduk.

Berbasis di Texas (AS), Xenes Disinfection Services baru-baru ini mengumumkan keberhasilan pengujian robot LightStrike terhadap Covid-19. Dilansir dari Gizmochina (5/5), robot ini juga dijual di Jepang oleh Terumo, produsen peralatan medis, dan memancarkan cahaya pada panjang gelombang (wavelenght) antara 200 dan 312 nanometer yang membersihkan tempat tidur, gagang pintu dan permukaan lain yang sering disentuh.

Dalam sekitar dua hingga tiga menit, radiasi ultraviolet yang dihasilkan robot menjadikan virus lumpuh dan tidak berfungsi secara normal. Robot tersebut juga telah terbukti bekerja melawan bakteri yang resistan terhadap banyak obat. Selain itu, LightStrike bahkan telah menunjukkan efektivitas sebanyak 99,99% dalam menghilangkan penggunaan masker N95.

Untuk saat ini, robot tersebut sedang digunakan di lebih dari 500 fasilitas kesehatan di seluruh dunia. Terumo Jepang telah menerima hak distribusi robot tersebut. Selama masa krisis ini, diperkirakan permintaan perangkat robot LightStrike akan terus meningkat terutama di rumah sakit dan lembaga medis lainnya.

Ini bukanlah pertama klinya robot membantu mengatasi pandemi Covid-19. Beberapa negara lain pun sudah melakukannya. Misalnya, di Jerman, sebuah robot diletakan pada sejumlah toko untuk memberi penjelasan tindakan perlindungan dari corona. Sementara di Inggris dan beberapa negara lain, robot sudah digunakan untuk melakukan pengantaran barang ke rumah.

Share
×
img
×
tekid
back to top