Robot ini bisa jungkir balik seperti senam

Teknologi terbaru memungkinkan Atlas melakukan gerakan mulus tersebut sembari mengurangi waktu pengembangan dan mencapai tingkat keberhasilan performa sekitar 80 persen.

Robot ini bisa jungkir balik seperti senam Source: Boston Dynamics via Engadget

Boston Dynamics selalu menghadirkan robot berteknologi mutakhir yang memiliki gerakan-gerakan luwes sehingga melebihi keunggulan robot pada umumnya. Video terbaru dari perusahaan tersebut menampilkan robot yang sangat lincah.

Dilansir dari Engadget (24/9), selama beberapa tahun terakhir kita melihat robot Atlas dapat menavigasi medan yang tidak rata dan bahkan melompat-lompat di jalur parkour. Kini robot tersebut mengalami peningkatan, karena dapat melakukan jungkir balik, berguling-guling dan bahkan melakukan beberapa lompatan tanpa terjatuh.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Mobil otonom Toyota hadir untuk antar para atlet Olimpiade 2020

Robot vakum Samsung bisa deteksi material lantai secara otomatis

Toyota gunakan VR untuk melatih robot asisten rumah tangga


Teknologi terbaru memungkinkan Atlas melakukan gerakan mulus tersebut sembari mengurangi waktu pengembangan dan mencapai tingkat keberhasilan performa sekitar 80 persen. “Pertama, algoritma optimasi mengubah deskripsi tingkat tinggi dari setiap manuver menjadi gerakan referensi yang layak secara dinamis. Lalu Atlas melacak gerakan menggunakan pengontrol prediktif model yang memadukan dengan lancar dari satu manuver ke manuver berikutnya,” kata Boston Dynamics.

Tetapi tujuan dari robot berkaki dua yang gesit masih menjadi misteri. Atlas bisa menjadi apa saja, dari seorang kepala pelayan hingga olahragawan.

Berbicara seputar kegunaan, Spot (robot versi lain dari Boston Dynamics) kini sudah tersedia bagi mereka yang menginginkan pendamping robot untuk penggunaan komersial. Meski orang-orang tidak dapat membeli robot yang mirip anjing, pelanggan perusahaan tersebut menggunakan paket untuk membantu pekerjaan konstruksi, operasi pabrik dan keselamatan publik.

Boston Dynamics sendiri merupakan perusahaan teknik dan desain robotika asal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1992 sebagai bagian dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Berkantor pusat di Waltham, Masssachussets, Boston Dynamics adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh konglomerat Jepang SoftBank Group.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: