sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 20 Jan 2023 11:10 WIB

Robot humanoid Atlas bisa ambil dan lempar objek secara tepat

Boston Dynamics meluncurkan robot Atlas dengan mobilitas yang ditingkatkan, termasuk meraih dan melempar objek.

Robot humanoid Atlas bisa ambil dan lempar objek secara tepat

Boston Dynamics adalah salah satu perusahaan pemimpin dunia dalam hal pengembangan robotika. Perusahaan ini merancang dan memproduksi robot dengan berbagai kemampuan dan desain yang luar biasa. Boston Dynamics berbasis di Waltham, Massachusetts dan didirikan pada tahun 1992.

Tim insinyur mereka yang berbakat sebelumnya telah memproduksi robot bernama BigDog, Spot, Stretch, dan Handle. Dalam video terbaru mereka, organisasi tersebut menggambarkan bagaimana robot Atlas dapat melakukan tindakan humanoid yang kompleks dengan hampir sempurna.

Dilansir dari Gizmochina (20/1), robot mirip manusia itu mampu menavigasi medan terjal dengan mudah sambil berjalan dengan dua kaki, sangat mirip manusia. Melalui serangkaian sensor dan kamera yang rumit, ia memetakan sekelilingnya dan mendeteksi rintangan.

Namun, dalam video terbaru, robot itu terlihat mengambil papan dan membuat jembatan untuk berjalan di antara dua platform. Ia melakukannya sambil memegang toolkit. Atlas kemudian dengan mudah berjalan melintasi papan tipis dan melemparkan toolkit itu ke orang di atas scaffolding. Perusahaan menyebut gerakan ini sebagai flip multi-axis 540 derajat terbalik.

Namun ini tidak berhenti di situ; robot melakukan backflip dari platform sebelum mendarat dengan sempurna di atas kakinya lagi. Demo seperti ini menggambarkan bagaimana robot humanoid seperti Atlas mampu melakukan tugas yang terlalu berbahaya bagi manusia, seperti bekerja di ketinggian ekstrim atau membawa material melalui area yang terlalu beracun atau sempit untuk manusia.

Operasi SAR dapat disederhanakan ke tingkat yang lebih tinggi dengan penerapan robot. Mereka bahkan dapat digunakan untuk memelihara dan memeriksa infrastruktur, seperti saluran pipa dan jembatan. Korban manusia dapat diminimalkan dengan cara ini. Memang, ada dilema terkait penggantian pekerja manusia dengan robot, tetapi melakukannya untuk tugas berbahaya tidak lain adalah langkah lain untuk meningkatkan nilai kehidupan manusia.

Share
×
tekid
back to top