sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Kamis, 16 Mar 2023 10:15 WIB

Begini rupa pakaian luar angkasa baru yang lebih nyaman & fleksibel untuk misi Bulan

Pakaian luar angkasa AxEMU yang dibuat berkat kemitraan dengan Axiom Space menawarkan jangkauan gerak dan fleksibilitas yang diperlukan untuk menjelajahi lebih banyak lanskap bulan.

Begini rupa pakaian luar angkasa baru yang lebih nyaman & fleksibel untuk misi Bulan

NASA secara resmi meluncurkan AxEMU (Axiom Extravehicular Mobility Unit), pakaian antariksa generasi mendatang yang akan dikenakan astronot selama misi permukaan Artemis III Moon. Ini adalah misi pendaratan bulan yang akan memajukan eksplorasi atau penemuan ilmiah jangka panjang oleh para astronot, termasuk wanita pertama yang akan mendarat.

Pakaian antariksa AxEMU yang dibuat berkat kemitraan dengan Axiom Space menawarkan jangkauan gerak dan fleksibilitas yang diperlukan untuk menjelajahi lebih banyak lanskap bulan. Ini dirancang agar sesuai dengan berbagai anggota kru, dengan beragam ukuran. 

Sebelum menuju ke Bulan, Axiom Space akan menguji setelan tersebut di lingkungan mirip luar angkasa, sementara NASA memegang otoritas untuk pelatihan astronot, perencanaan misi, dan persetujuan sistem layanan.

"Kemitraan NASA dengan Axiom sangat penting untuk mendaratkan astronot di Bulan dan melanjutkan kepemimpinan Amerika di luar angkasa. Dibangun berdasarkan penelitian dan keahlian NASA selama bertahun-tahun, pakaian antariksa generasi berikutnya dari Axiom tidak hanya akan memungkinkan wanita pertama berjalan di Bulan, tetapi juga akan membuka peluang bagi lebih banyak orang untuk mengeksplorasi dan melakukan sains di Bulan daripada sebelumnya,” kata Bill Nelson, Administrator NASA dikutip dari TechEBlog (16/3) .

Seperti diketahui, astronot NASA telah menggunakan desain pakaian antariksa yang sama sejak masa Space Shuttle, dengan teknologi yang pada dasarnya tidak berubah selama 40 tahun. Meskipun desain setelan lama telah membuktikan dirinya selama ini, namun jangkauan gerakannya sangat terbatas.

Oleh karena itu, astronot membutuhkan kostum baru yang memungkinkannya untuk berjalan, bungkuk, dan berjongkok dengan nyaman - yang semuanya sangat penting saat bekerja di lingkungan dengan gravitasi rendah seperti Bulan. 

Melansir The Verge, selama acara pengungkapan, Jim Stein, chief engineer di Axiom Space, mengenakan setelan tersebut dan mendemonstrasikan kemampuan untuk berputar, dan berjongkok saat mengenakannya. Desain baru memiliki lebih banyak sambungan, terutama di bagian bawah, memungkinkan gerakan yang tidak mungkin dilakukan pada desain lama. Ini akan memudahkan astronot untuk melakukan tugas-tugas seperti berjalan dan mengambil barang dari tanah saat berada di lingkungan bulan.

Helm barunya juga menawarkan penglihatan yang lebih baik, serta kamera video HD yang diletakkan di samping sehingga video POV astronot dapat disiarkan langsung kembali ke Bumi. Perbedaan utama lainnya dari desain sebelumnya adalah cara memakai kostum, di mana astronot masuk lewat belakang untuk mengenakan AxEMU, sedangkan kostum sebelumnya harus dipakai dari atas.

Tag
Share
×
tekid
back to top