NASA uji coba parasut untuk misi ke Mars

Roket akan membawa Advanced Supersonic Parachute Inflation Research Experiment (ASPIRE) dari Jet Propulsion Labolatory di Pasadena, California.

NASA uji coba parasut untuk misi ke Mars Source: NASA

NASA akan melakukan pengujian parasut untuk misi pendaratan Mars menggunakan roket suborbital Terrier-Black Brrant IX pada 7 September 2018 dari fasilitas penerbangan Wallops di Virginia. Dilansir dari situs halaman resmi NASA, roket tersebut akan membawa Advanced Supersonic Parachute Inflation Research Experiment (ASPIRE) yang dibuat oleh Jet Propulsion Labolatory (JPL) di Pasadena, California.

Pengujian tersebut akan dilaksanakan pada ketinggian 51 km dengan sekitar 2 menit penerbangan. Muatan akan jatuh di Samudra Atlantik berjarak sejauh 65 km dari pulau Wallops dan akan dikembalikan ke Wallops untuk pengambilan data dan inspeksi.

Muatannya memiliki struktur silinder yang terikat parasut supersonik, mekanisme penyebaran parasut, dan kamera Full HD untuk merekam data.

NASA Visitor Center di Wallops akan dibuka pada pukul 8:30 pagi waktu setempat untuk melihat peluncuran. Liputan langsung misi ini dijadwalkan dimulai pada pukul 9 pagi di situs Ustream Wallops.

ASPIRE dikelola oleh Jet Propulsion Laboratory, untuk NASA Science Mission Directorate, dengan dukungan dari Langley Research Center milik NASA di Hampton, Virginia, dan NASA AMES Research Centerdi Mountain View, California. Sounding Rocket Program dari NASA berbasis di agensi Wallops Flight Facility. Heliophysics Division yang juga milik NASA mengelola program roket untuk agensi tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: