sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Senin, 25 Des 2023 12:37 WIB

NASA tayangkan video kucing kembali ke Bumi dari luar angkasa

NASA telah membawa video kucing ke tingkat yang benar-benar baru, dengan eksperimen Psyche Deep Space Optical Communications yang memancarkan video berkualitas HD.

NASA tayangkan video kucing kembali ke Bumi dari luar angkasa

NASA telah membawa video kucing ke tingkat yang benar-benar baru, dengan eksperimen Psyche Deep Space Optical Communications yang memancarkan video berkualitas HD berdurasi 15 detik yang menampilkan seekor kucing lucu melintasi ruang angkasa sejauh 31 juta km ke Bumi.

Menyaksikan kucing mengejar laser pointer mungkin lucu, tapi mengapa NASA menggunakan misi luar angkasa senilai US$1,2 miliar untuk mencapai apa yang bisa mereka lakukan dengan ponsel pintar? Jawabannya adalah bahwa ini merupakan demonstrasi yang jelas tentang apa yang dapat dilakukan oleh teknologi komunikasi ruang angkasa generasi berikutnya.

Dilansir dari New Atlas (25/12), NASA telah mencapai beberapa hal luar biasa dalam enam dekade terakhir, namun sistem komunikasinya masih terjebak pada tahun 1960an, dengan sistem radio yang memiliki bandwidth yang sangat rendah. Untuk mewujudkan misinya di abad ke-21, badan antariksa tersebut bekerja secara agresif untuk mengembangkan sistem komunikasi laser dengan kecepatan transmisi data 10 hingga 100 kali lebih cepat.

Dipasang di atas misi Psyche ke sabuk asteroid utama antara orbit Mars dan Jupiter, eksperimen Deep Space Optical Communications dimaksudkan untuk menguji komunikasi laser dalam jarak ratusan juta km. Sebagai contoh peningkatan tersebut, NASA mengatakan bahwa pengujian saat ini telah mengunduh 1,3 terabit data, sedangkan misi Magellan ke Venus mengunduh 1,2 terabit selama keseluruhan misinya dari tahun 1990 hingga 1994.

Hingga saat ini, Mission Control di Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California telah mengirimkan paket data yang dihasilkan secara acak sejak 14 November 2023, dengan kecepatan dari 62,5 Mbps hingga 100 Mbps, tetapi rekaman definisi ultra-tinggi 15 detik video streaming yang dikirim pada tanggal 11 Desember memberikan demonstrasi yang lebih dramatis tentang bitrate maksimum sistem.

Menampilkan seekor kucing bernama Taters, video tersebut membutuhkan waktu 101 detik untuk mencapai Bumi dengan kecepatan 267 Mbps saat laser inframerah-dekat dipancarkan ke Teleskop Hale di Observatorium Palomar Caltech di San Diego County, California dan diteruskan ke Mission Control secara real-time. Selain Taters yang mengejar titik cahaya laser, video tersebut juga menyertakan hamparan informasi grafis termasuk kekuatan laser, kecepatan data, unit kartu pengujian, dan detak jantung kucing.

Share
×
tekid
back to top