Mengintip kapsul Crew Dragon untuk penerbangan komersil NASA

Penerbangan komersil ke luar angkasa sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Uji coba kapsul Crew Dragon akan dilakukan dalam waktu dekat.

Mengintip kapsul Crew Dragon untuk penerbangan komersil NASA Source: NewAtlas

SpaceX siap meluncurkan kapsul Crew Dragon hari ini. Peluncuran tersebut merupakan tahap uji coba untuk memenuhi persyaratan yang diajukan parlemen Amerika Serikat jika hendak melakukan misi berawak ke luar angkasa. Peluncuran ini akan dilakukan di Florida, Amerika.


BACA JUGA

Ilmuwan soroti dampak negatif StarLink

Ide gila Starlink wujudkan internet berskala global

Internet Starlink dari SpaceX sudah dapat digunakan setelah enam kali peluncuran satelit


Seperti diketahui akhir November 2018, NASA mengumumkan akan melanjutkan proyek komersialisasi penerbangan ke luar angkasa. Sebelum dapat melakukan hal tersebut, parlemen Amerika Serikat mengharuskan uji coba kapsul yang akan digunakan. Uji coba itu akan melihat kemampuan kapsul Crew Dragon dan Boeing dalam meluncurkan kapsul darurat jika terjadi kesalahan dalam peluncuran. Seperti yang dijadwalkan, SpaceX Crew Dragon akan memulai uji coba pertama kali.

Crew Dragon memiliki basis yang sama dengan kapsul Dragon, namun dengan modifikasi di bagian kabin agar nyaman bagi manusia. Dilansir dari NewAtlas (7/1), kabin tersebut akan diisi dengan kursi berbahan karbon fiber dengan lapisan kain Alcantara. Terdapat empat jendela untuk melihat pemandangan di luar dan pemantau cuaca.

SpaceX terlihat sudah memasang kapsul Crew Dragon persis di atas roket Falcon 9. Perusahaan ini bahkan sudah membangun jalan masuk yang nantinya akan digunakan oleh para astronot menuju ke kapsul Crew Dragon. Sayangnya uji coba penerbangan orbital yang sejatinya dilakukan hari ini tampaknya diundur hingga beberapa minggu mendatang. Kali ini, uji coba belum melibatkan awak di dalam kabin.

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: