Kira-kira begini bentuk pangkalan manusia di Mars

Elon Musk merilis dua gambar yang akan memberi gambaran tentang bagaimana pangkalan manusia, Mars Base Alpha akan dibangun.

Kira-kira begini bentuk pangkalan manusia di Mars Source: Engadget

Elon Musk tampaknya sangat optimis untuk membangun stasiun luar angkasa dan menetap di Mars. Bahkan Elon Musk mengunggah dua gambar di akun Twitter-nya. Satu merupakan gambar roket BFR. Sementara gambar lainnya menunjukkan sebuah stasiun luar angkasa yang ia sebut “Mars Base Alpha”.

Gambar stasiun luar angkas itu menunjukkan ada beberapa roket BFR yang mengelilingi Mars Base Alpha. Terlihat pula seorang astronot di sana. Gambar ini tampaknya masih berupa konsep. Pun juga dengan  gambar lainnya, yang menunjukkan roket BFR sedang lepas landas.


BACA JUGA

Seberapa sulit melakukan pendaratan di Mars?

NASA umumkan tanggal penerbangan komersil ke luar angkasa

7.518 satelit penyedia internet garapan SpaceX raih izin FCC



Sudah bukan rahasia kalau Elon Musk ingin membangun basis di planet Mars. Kembali ke tahun 2017, saat itu Elon Musk menyatakan akan mengirim dua kargo roket BFR ke Mars di tahun 2022. Rencananya dua kargo itu dikirim untuk mempersiapkan kedatangan koloni pertama di tahun 2024.

Namun sebelum hal itu terwujud, kedua sistem BFR tersebut akan melalui serangkaian pengujian di semester pertama 2019. SpaceX rencananya juga akan menggunakan BFR untuk membangun markas di bulan, agar dapat melakukan perjalanan bolak balik ke satelit bumi tersebut.

Elon Musk sebelumnya menyatakan ada kemungkinan sekitar 70 persen dirinya akan pergi ke Mars. Musk bahkan menambahkan bahwa gagasan pergi ke Mars bukan diciptakan untuk orang kaya saja.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: