Elon Musk pamer satelit internet pertamanya

Elon Musk mengatakan, dia siap meluncurkan satelit internet yang bernama Spacelink StarXX dengan menggunakan Falcon 9 pekan ini.

Elon Musk pamer satelit internet pertamanya Satelit Internet SpaceX (Elon Musk)

Elon Musk mungkin merupakan salah satu pemimpin perusahaan teknologi paling nyentrik yang ada di dunia. Bukan karena hobinya mengumpulkan barang langka nan mahal. Namun karena idenya yang sangat brilian.

Salah satunya adalah keinginannya untuk melakukan transmisi internet via satelit. Setelah beberapa tahun mencari solusi, beberapa waktu lalu Elon pun mengungkapkan bahwa satelit internet miliknya sudah siap digunakan.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Elon Musk mulai bagikan detail pesawat Starship

Ini penyebab meledaknya Crew Dragon saat uji coba

Ilmuwan soroti dampak negatif StarLink


Satelit yang bernama Spacelink StarXX tersebut dipampang Elon di akun Twitter pribadinya. Dia mengatakan, ada total 60 satelit yang diproduksi dan siap untuk diuji coba membawa internet ke luar angkasa untuk disebarkan ke seluruh dunia.

Elon pun mengatakan, dia akan menggunakan Falcon 9 untuk menyebar satelit ini. Engadget (14/5/2019) mengatakan, mereka akan melakukan peluncuran satelit ini pada akhir minggu ini.

Elon lebih lanjut mencatat bahwa waktu peluncuran masih belum ditentukan dan dalam tahap kalkulasi. Namun, dia sudah memiliki dua tanggal peluncuran yang tepat, antara 14 Mei atau 15 Mei mendatang.

Meski demikian, dia juga memperingatkan bahwa perhitungan ini masih memiliki kemungkinan besar untuk meleset. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa resiko yang akan terjadi juga sangat tinggi.

Dia memprediksi bahwa persentase kegagalan dalam peluncuran pertama dan tes penyebaran internet melalui satelit masih sangat tinggi. Dia mengatakan bahwa pada peluncuran keenam baru mereka dapat mencapai cakupan broadband "minor" dan dua kali lipat untuk "moderat".

Diketahui, tujuan utama SpaceX adalah untuk menempatkan hampir 11.000 satelit Starlink di orbit Bumi di ketinggian rendah, yang akan dimulai dari sekarang hingga pertengahan 2020. Elon dengan tegas mengatakan, solusi yang dia lakukan akan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke area-area di planet ini di mana akses ke internet broadband masih sangat jarang, bahkan tidak ada sama sekali.

Peluncuran pertama ini benar-benar hanya sebagian kecil dari proses panjang untuk mewujudkan impian Elon. Dia berharap, peluncuran satelit pertama ini akan berjalan sesuai dengan rencana.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: