sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Selasa, 12 Des 2023 09:07 WIB

Alibaba kenalkan AI untuk bahasa-bahasa di Asia Tenggara, SeaLLM

Teknologi tersebut dirancang untuk memahami dan berinteraksi dalam bahasa-bahasa seperti Vietnam, Indonesia, Thailand, Melayu, dan beberapa bahasa lainnya.

Alibaba kenalkan AI untuk bahasa-bahasa di Asia Tenggara, SeaLLM

Damo Academy milik Alibaba, dalam langkah yang diperhitungkan dan tepat untuk memperkuat jejaknya di Asia Tenggara, telah meluncurkan model bahasa baru berbasis AI yang dirancang khusus untuk wilayah yang beragam ini. Alat inovatif ini, yang disebut SeaLLM, merupakan bukti pengakuan Alibaba terhadap potensi Asia Tenggara sebagai pasar utama.

Dilansir dari Gizmochina (12/12), teknologi tersebut dirancang untuk memahami dan berinteraksi dalam bahasa-bahasa seperti Vietnam, Indonesia, Thailand, Melayu, dan beberapa bahasa lainnya, yang menunjukkan lompatan signifikan dalam menjembatani kesenjangan linguistik dan budaya dalam teknologi AI.

Perkembangan SeaLLM patut mendapat perhatian khusus mengingat keragaman bahasa di Asia Tenggara. Wilayah ini, dengan beragam bahasanya, menghadirkan tantangan dan peluang unik untuk penerapan AI. Dengan berfokus pada bahasa-bahasa yang sering kali kurang terwakili dalam kemajuan teknologi global, Alibaba tidak hanya memperluas jangkauan pasarnya tetapi juga berkontribusi terhadap inklusivitas dan aksesibilitas teknologi AI.

Selain itu, peningkatan kemampuan SeaLLM dalam menangani skrip non-Latin dan kinerjanya yang unggul dalam memahami dan menerjemahkan bahasa dengan sumber daya rendah merupakan terobosan baru. Hal ini berarti dunia usaha dan komunitas di Asia Tenggara dapat memanfaatkan AI secara lebih efektif, sehingga mendorong komunikasi dan pemahaman yang lebih baik di berbagai budaya.

Langkah Alibaba ini juga menunjukkan tren yang lebih luas dalam lanskap AI, di mana penyesuaian regional menjadi semakin penting. Seiring dengan semakin meluasnya teknologi AI, kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dan bahasa regional tertentu akan sangat penting dalam menentukan keberhasilan dan dampaknya.

Namun, terlepas dari kemajuan ini, industri AI, khususnya di Tiongkok, masih menghadapi tantangan. Permasalahan seperti pembatasan chip di AS dan pencarian aplikasi yang lebih menarik secara universal merupakan rintangan yang perlu diatasi. Meskipun demikian, inovasi seperti SeaLLM merupakan langkah ke arah yang benar, menunjukkan bagaimana AI dapat menjadi lebih inklusif dan bermanfaat bagi komunitas yang lebih luas.

Share
×
tekid
back to top