sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Sabtu, 04 Nov 2023 15:27 WIB

5 objek Bumi yang ternyata bisa dilihat dari luar angkasa

Aada beberapa bangunan dan lanskap besar di Bumi yang dapat dikenali dari luar angkasa, berikut ini daftarnya.

5 objek Bumi yang ternyata bisa dilihat dari luar angkasa

Sejak awal peradaban, umat manusia telah berusaha mencapai bintang-bintang, terpesona dengan apa yang ada di luar angkasa. Tetapi, bagaimana tampak Bumi dari atas sana? Menurut mitos terbesar tentang luar angkasa, kita bisa melihat Tembok Besar China dari luar Bumi.

Meskipun itu hanya mitos, bukan berarti kita tidak bisa melihat objek Bumi dari atas sana. Dilansir dari SlashGear (4/11), ada beberapa bangunan dan lanskap besar di Bumi yang dapat dikenali dari luar angkasa. Berikut ini daftarnya.

  • Greenhouses of Almería, Spanyol

Greenhouses adalah lautan rumah kaca di provinsi Almeria di Spanyol selatan begitu luas sehingga bisa dilihat dari luar angkasa. Kompleks rumah kaca ini mencakup lebih dari 25.000 hektar lahan dan bertanggung jawab atas jutaan ton buah-buahan dan sayuran yang ditanam.Lautan rumah kaca plastik memantulkan sinar matahari di siang hari, sehingga membantu terlihat dari luar angkasa. Berbeda dengan Tembok Besar China, yang menyatu dengan latar belakangnya jika dilihat dari luar angkasa, rumah kaca lebih terlihat jelas. Dikelilingi oleh air di satu sisi dan pegunungan di sisi lain, membuat rumah kaca lebih mudah dibedakan dari atas atmosfer.

  • Kennecott Copper Mine, Utah

Kennecott Copper Mine adalah salah satu tambang tembaga terbuka terbesar di dunia. Tambang tersebut, terletak di barat daya Salt Lake City, Utah, memiliki lebar lebih dari 2,5 mil dan tinggi 0,75 mil. Ukurannya sangat besar – penggalian buatan terbesar di planet ini – sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang.

Tambang ini telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun dan dianggap sebagai salah satu tambang paling produktif di dunia. Perusahaan ini beroperasi setiap jam setiap hari, sepanjang tahun, dan telah memproduksi lebih dari 19 juta ton tembaga olahan selama 116 tahun terakhir.

Sekali lagi, alasan utama mengapa objek ini dapat dilihat dari luar angkasa adalah karena tambang tersebut telah mengubah tampilan lanskap di sekitarnya. Daerah di sekitar tambang sebagian besar berupa hutan dan pegunungan, sehingga tambang berwarna pasir yang tampak seperti lubang raksasa dapat terlihat dari jarak yang sangat jauh.

  • Palm Islands, Dubai

Dubai tidak asing dengan bangunan mewah. Kota ini bahkan menampilkan kota palsu yang tenggelam di kolam renang terdalam di dunia. Palm Islands sangat besar sehingga bisa dilihat dari luar angkasa. Ini adalah tiga pulau buatan yang disebut Palm Jumeirah, Deira Islands, dan Palm Jebel Ali yang dibangun pada awal tahun 2000-an.

Untuk membangun Palm Islands, para pekerja mengambil pasir dari dasar Teluk Persia dan kemudian menyemprotkannya untuk menciptakan bentuk yang menonjol dari air gelap di bawahnya. 

Nama Palm Islands mengacu pada bentuk pulaunya yang berupa pohon palem raksasa. Pulau-pulau ini adalah rumah bagi hotel mewah, pusat perbelanjaan, dan banyak lagi. Pembangunannya berdampak besar terhadap lingkungan setempat, yang menyebabkan erosi pantai. 

Seperti pulau lainnya, Kepulauan Palm menonjol di tengah lautan, namun bentuk palem yang unik membuatnya dapat dibedakan dari luar angkasa.

  • Great Pyramids of Giza

Sebenarnya, ada beberapa perbedaan pendapat mengenai apakah kita dapat melihat Piramida Agung Giza dari luar angkasa. Namun, cukup banyak gambar dari objek ini yang telah dibagikan dari ISS (stasiun luar angkasa). Meskipun Tembok Besar tidak dapat dilihat dari luar angkasa, sungguh melegakan mengetahui bahwa setidaknya satu dari 7 Keajaiban Dunia dapat dilihat dari luar Bumi.

Ketiga piramida Giza dapat dilihat dan pertama kali difoto oleh NASA pada tahun 2001. Piramida tertua dan terbesar, dibuat untuk Firaun Khufu, dibangun pada tahun 2570 SM dan tingginya hampir 500 kaki. Yang tertinggi kedua dibuat untuk Firaun Khafre, sedangkan yang ketiga dan terkecil dibuat untuk Firaun Menkaure.

Piramida ini menarik karena mudah menyatu dengan tanah berwarna pasir yang mengelilinginya. Apa yang membuat mereka terlihat dari luar angkasa adalah kenyataan bahwa mereka berada di persimpangan antara perkembangan perkotaan dan lanskap gurun. Dari luar angkasa, mereka tampak seperti tiga kotak yang sebagian tertutup bayangan.

  • Three Gorges Dam, China

Three Gorges Dam atau Bendungan Tiga Ngarai adalah bendungan pembangkit listrik tenaga air yang dibangun di sepanjang Sungai Yangtze di China. Ini adalah pembangkit listrik tenaga air terbesar dan struktur buatan manusia yang sangat besar sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang di luar angkasa.

Bendungan ini dibangun untuk mencegah banjir besar yang terjadi di sekitar Sungai Yangtze, sungai terbesar ketiga di dunia. Proyek ini menyebabkan lebih dari setengah juta orang mengungsi selama konstruksi pada awal tahun 2000-an.

Tag
Share
×
tekid
back to top