Youtube segera rilis website khusus anak-anak

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 29 Agst 2019 17:43 WIB

Situs baru yang ditujukan untuk anak-anak ini sejatinya merupakan versi online dari Youtube Kids yang sebelumnya telah tersedia.

(Foto: Pexels)

Youtube mengatakan akan segera meluncurkan situs web terpisah untuk anak-anak. Hal ini dilakukan setelah perusahaan menerima kritik dan diselidiki karena menunjukkan video tak layak kepada anak-anak. 

Situs baru yang ditujukan untuk anak-anak ini sejatinya merupakan versi online dari Youtube Kids yang sebelumnya telah tersedia. Berdasarkan pernyataan perusahaan, situs Youtube khusus anak-anak akan mulai tersedia pada akhir pekan ini.

Perusahaan pun mengatakan apliksi dan situs website khusus anak-anak akan mendapatkan kategori baru untuk berbagai usia. Kategori Prasekolah ditujukan untuk anak-anak usia 4 tahun ke bawah, kategori "Younger" untuk usia 5-7 tahun dan "Older" untuk anak-anak berusia 8 hingga 12 tahun.

"Kami tahu konten yang bagus untuk anak berusia 4 tahun mungkin bukan konten ynag bagus untuk anak berusia 10 tahun, itu sebabnya kami ingin mempermudah orang tua memilih konten yang tepat untuk anak-anak mereka di Youtube Kids," kata perusahaan di blog-nya.

Dilansir Bloomberg (29/8), Youtube menuai kritik karena membiarkan video tak layak, menyesatkan dan terkadang bermuatan kekerasan menyebar di platform-nya. Selama bertahun-tahun, perusahaan tak mampu bahkan tak mau mengatasi masalah itu karena mengejar target engagement yang agresif.