Selain Zoom, ini 6 aplikasi video conference untuk meeting online

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Kamis, 09 Apr 2020 11:51 WIB

Terkait isu keamanan yang menimpa salah satu aplikasi yang cukup populer Zoom, kami punya beberapa pilihan aplikasi video teleconference favorit.

Sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus corona di Tanah Air, pemerintah mengeluarkan imbauan untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Pemerintah Indonesia meminta masyarakat untuk mulai bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Sejak imbauan diberlakukan, beberapa sektor seperti pendidikan dan pekerja kantoran menyesuaikan aktivitas harian dengan mengubah cara berkomunikasi dan proses belajar mereka. Menggunakan aplikasi-aplikasi telekonferensi bisa menjadi cara untuk tetap terhubung dengan orang-orang. Namun, muncul isu keamanan pada salah satu aplikasi telekonferensi yang cukup populer, Zoom. sampai beberapa negara melarang untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Jangan khawatir, selain Zoom banyak aplikasi video telekonferensi lainnya. Untuk itu, kami telah merangkum 5 aplikasi telekonferensi lain yang bisa Anda gunakan. 

1. Google Duo 

Duo menjadi apikasi besutan Google, yang sudah hadir sejak tahun 2016 silam. Aplikasi ini bisa diakses melalui tablet, website, Android, dan iOS. Google Duo memungkinkan pengguna melakukan video call secara pribadi atau grup yang maksimal hingga 12 partisipan. Oh iya, pengguna juga bisa meninggalkan pesan video jika orang lain tidak menjawab telepon kita.