Inilah YouTuber berpenghasilan tertinggi di dunia

Oleh: Dommara Hadi S - Jumat, 08 Des 2017 15:20 WIB

Dari kegemarannya memamerkan aksi bermain Minecraft, kini Daniel Middleton menjadi YouTuber dengan penghasilan tertinggi di dunia.

Daniel Middleton alias DanTDM tercatat sebagai YouTuber dengan pendapatan tertinggi sepanjang tahun 2017, sebagaimana dirangkup Forbes. YouTuber dengan pengikut mendekati 17 juta itu diperkirakan meraup USD16.5 juta.

Bintang yang tengah melejit ini sering menghabiskan waktunya dengan menjadi reviewer gim, mirip seperti PewDiePie yang juga memiilki hobi yang sama. Siapa sangka, profesi ini menghasilkan jutaan dollar hanya dengan bercuap-cuap ketika bermain gim.

Jika ditotal, pendapatan 10 YouTuber dengan bayaran tertinggi akan senilai USD127 juta dengan periode Juni 2016 hingga Juni 2017. Jumlah ini meningkat 80% dari tahun lalu yang hanya menghasilkan USD70.5 juta.

“Hal yang menarik dari YouTube adalah tidak ada kompetisi seperti TV. Anda bisa menonton apa saja yang Anda suka,” ujar Middleton pada Guardian tahun lalu.

Di posisi dua ada Evan Fong dengan perolehan USD15.5 juta. YouTuber ini justru memiliki 21 juta pengikut. Dia memeroleh animo yang sangat tinggi karena turut menjual merchandise yang disukai generasi muda.