Harbolnas 2017 fokus memperbesar bisnis UMKM di daerah

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Rabu, 06 Des 2017 15:48 WIB

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 mengalami peningkatan dari jumlah peserta maupun merchant.

Panitia Harbolnas 2017 hendak fokus mengajak UMKM go online. Hal ini disampaikan Ketua Panitia Harbolnas, Achamd Alkatiri, Rabu (6/12) dalam press conference Harbolnas 2017.

"Sudah cukup banyak orang Indonesia tahu mengenai belanja online saat ini. Tapi sekarang saya pikir, kita harus punya ambisi untuk membuat orang-orang, tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga di kota-kota kecil atau, misalnya, tier 2 dan 3 di Indonesia, sadar kalau belanja online ini bisa dimanfaatkan UMKM untuk memperbesar skala bisnis mereka juga."

Mereka berharap, Harbolnas bisa menjadi pendorong titik-titik perekonomian digital baru di Indonesia, sehingga memperkecil jarak perekonomian yang ada di daerah. Sejak 2012, Harbolnas tumbuh sangat pesat. Dari awalnya hanya diikuti 6 pemain e-commerce, sampai menjadi 254 pada 2017 ini.

Semakin banyak e-commerce yang ikut, memperlebar kesempatan untuk mencapai target Harbolnas tahun ini. Tahun lalu, Harbolnas mampu meraup Gross Merchandise Volume (GMV) Rp3,3 triliun. Data Google Indonesia menunjukkan, 71 persen masyarakat melakukan transaksi saat Harbolnas, menggunakan smartphone.

Tag