Cara tingkatkan kecepatan internet di rumah

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 01 Apr 2020 06:58 WIB

Pemakaian Wi-Fi di rumah lebih sering daripada biasanya selama Work From Home. Kecepatan internet pun akan menurun karena satu dan lain hal. Begini cara meningkatkan kecepatan internet di rumah Anda.

Source: Pinterest

Selama kerja dan belajar dari rumah, pemakaian Wi-Fi jadi lebih sering daripada biasanya. Apalagi ketika semua orang di rumah berkumpul karena tidak diperbolehkan keluar. Pemakaian internet pun meningkat tiap harinya dan memperlambat kecepatan internet. Hal ini menjadi kendala bagi mereka yang sangat menbutuhkan koneksi internet dalam menyangga aktivitasnya.

Guna memperbaiki kecepatan internet dan membuatnya stabil, berikut tips yang bisa anda terapkan pada Wi-Fi di rumah.

1. Lakukan pemeriksaan cepat

Melakukan pemeriksaan kecepatan internet merupakan langkah pertama yang bisa Anda lakukan. Pastikan apakah kecepatan internet yang Anda dapatkan, sesuai dengan jumlah tagihan yang dibayar. Cara paling populer adalah dengan mengunjungi laman Speedtest.net. Laman ini dikembangkan oleh Ookla. 

Gunakan jaringan Wi-Fi yang ingin Anda cek kecepatannya lalu buka laman Speedtest.net. Lalu tekan tombol "Go". Setelah itu layar akan menampilkan kecepatan internet yang telah anda gunakan untuk mengunduh dan mengunggah.