sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
Jumat, 20 Des 2019 14:06 WIB

YouTuber ini berhasil kumpulkan USD20 juta untuk tanam 20 juta pohon

Jimmy Donaldson yang merupakan pemilik channel MrBeast berhasil mengumpulkan uang sebesar USD20 juta untuk menanam 20 juta pohon hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan.

YouTuber ini berhasil kumpulkan USD20 juta untuk tanam 20 juta pohon

Sepanjang 2019, banyak cerita mengenai pemanasan global yang viral di internet. Salah satunya adalah cerita mengenai Greta Thunberg, remaja  yang tampil berbicara mengenai perubahan iklim di sebuah acara PBB.

Tapi, apalah protes tanpa tindakan. Ada satu sosok yang lebih menarik perhatian saya terhadap kecintaannya terhadap lingkungan, yakni Jimmy Donaldson. Dia adalah YouTuber kondang dari chanel populer, MrBeast.

Dia pun menginisiasi sebuah gerakan bernama Team Trees. Inisiasi yang dilakukan bersama dengan Mark Rober ini menggalang dana USD20 juta untuk menanam 20 juta pohon. Jumlah ini dipilih untuk merayakan tercapainya 20 juta subscriber di channel miliknya.

Inisiasi ini dimulai pada April 2019, dan ditargetkan untuk selesai sebelum 2020. Tampaknya, hal ini merupakan sebuah target yang mustahil untuk dilakukan, setidaknya bagi sebagian orang.

Inisiasi ini pun didukung oleh Guava Juice, Marques Brownlee, Smarter Every Day, Ninja, Jacksepticeye, dan lainnya. Kemudian, lebih banyak channel lain berpartisipasi setelah Donaldson dan teman-teman mengumumkan rencana mereka pada 25 Oktober.

Video ini pun viral. Pada tanggal 31 Oktober, lebih dari USD10 juta telah dikumpulkan, dengan sumbangan datang dari beberapa petinggi di dunia teknologi, termasuk CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, menyumbang USD1 juta, yang kemduian dikalahkan oleh CEO Shopify, Tobi Lütke yang menyumbangkan USD1.000.00 lebih banyak.

CEO Twitter dan Square, Jack Dorsey tampaknya memberikan dua donasi, masing-masing sebesar USD150.000 dan USD200.000. CEO YouTube Susan Wojcicki juga ikut menyumbang sebesar USD200.000, seperti dilaporkan The Verge (20/12/2019).

Dan tepat pada 19 Desember 2019 waktu setempat, Team Trees mengumumkan bahwa mereka telah mencapai target mereka. "Kami ingin menunjukkan bahwa YouTube bukan hanya festival drama," kata Donaldson dalam video pribadinya.

"Kami benar-benar memiliki pengaruh nyata dan dapat membuat perubahan nyata."

Tentu saja, hanya karena tonggak pencapaian mereka telah tercapai, itu tidak berarti sumbangan harus dihentikan.

"Kami tahu bahwa 20 juta pohon tidak akan serta merta membawa perubahan iklim," kata Rober. “Tetapi intinya di sini adalah untuk  mengirim pesan kepada para politisi bahwa ini adalah waktu yang menakutkan untuk melakukan sesuatu tentang perubahan iklim."

Seperti dalam deskripsi situs Team Trees, bibit pohon akan mulai ditanam pada Januari 2020 dengan target selesai pada akhir 2022. Mereka berharap, dengan ditanamnya 20 juta pohon maka mereka akan dapat menghilangkan 115 ribu ton polusi udara.

So, komunitas YouTube sepertinya tidak hanya dapat memberikan hiburan saja, bukan?

Share
×
tekid
back to top