YouTube rilis fitur Stories untuk content creator

Lewat fitur Stories, para YouTuber bisa membagikan video behind the scene dan teaser kolaborasi dengan YouTuber lain

YouTube rilis fitur Stories untuk content creator Source: TheVerge

Perkembangan media sosial tampaknya menuju ke arah yang sama. Para developer media sosial beramai-ramai memperkenalkan fitur Stories di platform mereka. Nama boleh saja berbeda, namun fungsinya tetaplah sama. Belakangan, YouTube dikabarkan juga mengadopsi fitur Stories di platform-nya.

Fitur ini hanya bisa digunakan oleh kreator konten yang jumlah subscriber-nya lebih dari 10.000. Fitur YouTube Stories, yang sebenarnya sudah diumumkan sejak November 2017 ini ditargetkan mampu menjadi sarana promosi konten ketimbang update kehidupan sehari-hari layaknya fitur Stories di media sosial lain.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

YouTube Music gantikan Play Music di Android 10

YouTube terapkan sistem pencarian komentar baru

Beberapa channel YouTuber terkenal diretas hacker


Ada beberapa perbedaan mencolok antara fitur YouTube Stories dengan yang lain. YouTube Stories mampu bertahan selama tujuh hari di aplikasi mobile. Stories yang dibuat akan bisa dilihat oleh para subscriber atau non-subscriber. Mereka yang menonton juga dapat memberikan komentar atas video tersebut.

Jika merujuk pernyataan YouTube, YouTube Stories akan berbentuk sebuah video dengan durasi maksimal 30 detik. YouTube menyatakan bahwa fitur ini nantinya dapat digunakan untuk membagikan video di balik layar atau teaser jika sang kreator akan melakukan kolaborasi.

Kendati sudah menghadirkan fitur baru untuk para kreator, beberapa pengguna YouTube justru menyayangkan hal tersebut. Sebagian besar berpendapat bahwa YouTube semestinya fokus melakukan evaluasi ketimbang merilis sebuah fitur baru. Tak sedikit juga yang menyoroti hilangnya fitur anotasi pada video.

Menanggapi hal tersebut, YouTube menyatakan bahwa fitur tersebut merupakan hasil penerapan umpan balik yang mereka dapatkan dari para kreator. Fitur ini, menurut YouTube, sengaja dirancang khusus untuk para kreator di platform-nya.

Bagi Anda yang ingin menjajal fitur ini, pastikan dulu jumlah subscriber Anda, yakni harus lebih dari 10.000 subscriber.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: