sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Minggu, 02 Jun 2024 11:03 WIB

YouTube memperkenalkan menu "Cast" baru tanpa tombol "Disconnect"

Menekan ikon Cast akan membuka prompt di tengah layar, memungkinkan pengguna untuk memilih perangkat.

YouTube memperkenalkan menu

YouTube telah meluncurkan secara bertahap menu Cast yang didesain ulang, yang pertama kali diperkenalkan di YouTube Music, ke aplikasi utamanya di perangkat Android dan iOS. Antarmuka terbaru ini menggantikan prompt "Cast to" di tengah layar dengan lembar bawah melayang yang memiliki sudut membulat.

Dikutip dari Phone Arena (1/6), sebelumnya, menekan ikon Cast akan membuka prompt di tengah layar, memungkinkan pengguna untuk memilih perangkat. Selama sesi casting aktif, tombol ini menawarkan kontrol volume, sementara opsi seperti Pencarian suara dan Remote muncul untuk televisi yang kompatibel. Selain itu, terdapat tombol "Disconnect" yang menonjol di sudut kanan bawah untuk mengakhiri sesi dengan mudah.

Namun, menu "Select a device" yang baru tidak lagi mencakup lebar layar sepenuhnya. Setelah pemutaran dimulai, thumbnail dari konten yang sedang diputar muncul, bersama dengan tombol suara dan remote di sudut. Pengguna dapat beralih ke perangkat lain kapan saja menggunakan opsi "Select different device".

Meskipun desain ulang ini bertujuan untuk menyederhanakan pengalaman casting, tidak tanpa kelemahan. Sebagaimana dicatat oleh 9to5Google, keluhan umum di antara pengguna adalah ketidakhadiran tombol Disconnect yang sudah dikenal. Untuk mengakhiri sesi casting, pengguna sekarang harus mengetuk "This phone," yang akan mengalihkan pemutaran ke perangkat seluler mereka, diikuti dengan penghentian konten secara manual.

Proses dua langkah ini kurang nyaman dibandingkan opsi satu klik Disconnect sebelumnya. Meski demikian, ada cara alternatif untuk menghentikan casting, seperti menggunakan aplikasi Google Home atau pengalih media di Android.

Peluncuran menu Cast baru ini belum merata, dengan beberapa pengguna di iOS dan Android sudah melihat perubahan tersebut sementara yang lain belum. Ini menunjukkan bahwa pembaruan ini sedang diimplementasikan secara bertahap dan mungkin belum tersedia untuk semua orang segera.

Seiring berjalannya waktu, masih harus dilihat apakah YouTube akan menanggapi umpan balik pengguna dan berpotensi memperkenalkan kembali opsi Disconnect yang nyaman di pembaruan mendatang.

Share
×
tekid
back to top