Youtube Kids makin aman untuk anak-anak

Youtube memungkinkan orang tua untuk membatasi anak-anak mereka baik dari video maupun channel yang mereka ikuti di Youtube

Youtube Kids makin aman untuk anak-anak (Foto: Weebly)

YouTube Kids kini menjadi lebih aman bagi anak-anak. Pasalnya perusahaan memungkinkan orang tua untuk membatasi anak-anak mereka baik dari video maupun channel yang mereka ikuti di YouTube. Ini merupakan praktik dari komitmen perusahaan pada April lalu untuk mengatasi konten tak layak bagi anak-anak.

Tak hanya itu, YouTube Kids kini juga menawarkan opsi baru yang dirancang khusus untuk anak-anak yang sudah lebih besar dibanding anak-anak yang lebih muda. Dengan begitu, layanan video tersebut akan semakin memanjakan pengguna anak-anak namun tetap dalam batasan yang sesuai.

Tam dipungkiri bahwa YouTube memang memiliki banyak konten yang bagus nan mendidik bagi anak-anak. Akan tetapi, banyak pula tayangan yang menggunakan karakter animasi anak-anak, namun kontennya tak begitu sesuai untuk anak-anak sehingga berpotensi salah sasaran.

Untuk diketahui, YouTube Kids merupakan aplikasi dan layanan yang ditargetkan khusus untuk keluarga yang membutuhkan konten bagi anak-anak. Platform ini juga memberikan kontrol bagi orang tua atas penggunaan aplikasi bagi anaknya.

Dalam pembaruan terbaru, Youtube menghilangkan risiko bagi anak-anak dalam menemukan konten tak layak dengan memungkinkan orang tua membatasi sepenuhnya, sehingga anak mereka hanya bisa melihat konten yang disetujui. Ketika fitur itu diaktifkan, orang tua bisa memilih konten khusus yang diizinkan untuk diakses anak-anak. Jika ditemukan upaya melihat tayangan yang lain, maka cara itu akan diblokir.

Fitur batasan itu kini telah tersedia bagi pengguna Android di seluruh dunia. Dilansir Slashgear, fitur itu juga akan segera hadir bagi pengguna iOS. Orang tua bisa membatasi video, channel atau konten apapun untuk anaknya. Guna mencegah pelanggaran, fitur pencarian akan dinonaktifkan bagi anak ketika fitur batasan konten yang disetujui orang tua diaktifkan.

Sementara untuk mode yang dikhususkan bagi anak-anak yang lebih besar, untuk saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat (AS). Kendati begitu YouTube menyebutkan akan mode itu akan diperluas ke negara lainnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: