sun
moon
Premium Partner :
Rabu, 25 Mar 2020 11:38 WIB

YouTube bakal set resolusi 480p sebagai resolusi standar

Para pengguna di seluruh dunia akan disarankan menggunakan resolusi 480p di YouTube untuk mengurangi beban jaringan di ISP.

YouTube bakal set resolusi 480p sebagai resolusi standar

Kegiatan work from home (WFH) yang dilaksanakan serentak di hampir seluruh dunia karena penyebaran virus corona mengakibatkan beberapa kendala bagi penyedia jasa internet. Mereka melaporkan adanya lonjakan akses selama beberapa minggu terakhir ini.

Untuk menanggulangi hal tersebut, beberapa penyedia layanan streaming seperti Netflix di Eropa sudah menyatakan akan menurunkan kualitas video. Mereka melakukan hal tersebut untuk membantu ISP agar tidak mengalami overload.

Namun, platform yang akan paling membatasi kualitas video mereka adalah YouTube. Dalam sebuah laporan resmi yang mereka umumkan, kualitas video di YouTube di seluruh dunia akan diturunkan.

Secara default, Google akan memberikan pilihan streaming 480p secara otomatis. Namun, para pengguna tampaknya akan dapat meningkatkan kembali secara manual kualitas video yang akan mereka tonton, seperti dikutip dari Engadget (25/3).

"Kami terus bekerja sama dengan pemerintah dan operator jaringan di seluruh dunia untuk melakukan bagian kami untuk meminimalkan tekanan pada sistem selama situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata perwakilan Google.

Karena semakin banyak orang yang tinggal di rumah untuk mengurangi penyebaran Covid-19, penggunaan streaming video telah meningkat secara dramatis di banyak daerah. Jika sebelumnya pengguna YouTube lebih banyak di malam hari, saat ini penggunaannya penuh hampir sepanjang hari.

Share
back to top