sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 05 Mei 2022 14:29 WIB

Google Akuisisi Perusahaan MicroLED Raxium yang Bisa Buat Headset AR Lebih Murah dan Mudah

Google baru saja mengakuisisi perusahaan MicroLED bernama Raxium sebagai langkah untuk pengembangan perangkat keras Headset AR mereka.

Google Akuisisi Perusahaan MicroLED Raxium yang Bisa Buat Headset AR Lebih Murah dan Mudah

Sebuah perusahaan startup yang mengembangkan teknologi MicroLED bernama Raxium berhasil dibeli oleh pihak Google. Perusahaan berusia lima tahun ini mempunyai teknologi MicroLED yang dapat menjadi kunci untuk mengembangkan generasi baru headset augmented reality, virtual reality, dan headset mixed reality

Langkah ini menjadi bukti mengenai proyek headset AR Google menjadi semakin dekat, setelah sebelumnya pada tahun 2020 mereka mengakuisisi perusahaan kacamata North dengan tujuan untuk membangun sistem operasi perangkat AR mereka.

Melansir dari laman Theverge (5/5), mulai dari bulan Januari lalu Google Labs tengah membangun headset AR yang disebut dengan 'Project Iris' di bawah manajemen yang sama dengan 'Project Starline', yang ditampilkan selama acara I/O tahun lalu.

Teknologi MicroLED yang dikembangkan oleh Raxium ini berguna untuk membuat kcamata AR menjadi lebih hemat energi dan tetap berwarna. Selain itu, perusahaan Raxium yang telah dibeli oleh Google ini juga tengah mengembangkan 'integrasi monolitik' yang dapat berpotensi menurunkan harga secara signifikan.

Selain Google, beberapa perusahaan lain yang juga tengah mengembangkan teknologi MicroLED AR yaitu OPPO, Apple, dan Vuzix. Sementara Microsoft telah mengirimkan perangkat realitas augmented melalui Hololens, perusahaan Apple, Meta, dan Snap berinvestasi untuk membuat perangkat keras mereka sendiri.

Bos perangkat keras Google, Rick Osterloh mengungkap bahwa ukuran dan efisiensi MicroLED yang dikembangkan oleh Raxium yang bisa mengatur sekitar 3,5 mikron merupakan sebuah teknologi tampilan masa depan. Osterloh juga mengatakan jika pihak Raxium akan bergabung dalam tim Perangkat & Layanan Google serta memainkan peranan kunci dalam pengembangan perangkat keras Google. 

Share
×
tekid
back to top