sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Kamis, 21 Jan 2021 10:26 WIB

Tips terhindar dari penipuan lewat pesan scam

Better Business Bureau (BBB) melaporkan bahwa belakangan ini banyak laporan yang diterima terkait penipuan melalui SMS yang mengatasnamakan Netflix. Untuk menghindari hal tersebut, BBB memberikan tips yang perlu Anda ketahui.

Tips terhindar dari penipuan lewat pesan scam
Source: Pexels

Tahun telah berganti, namun pandemi belum juga usai. Mungkin itu ungkapan yang cocok untuk menyambut 2021. Kita masih harus waspada dan menghindari keramaian. Beraktivitas di rumah adalah pilihan yang tepat untuk menyikapi ini. Ditambah, layanan streaming kini semakin memadai dan memberikan banyak tawaran menggiurkan untuk para pelanggannya. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, karena banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen ini.

Belum lama dikabarkan oleh BGR (21/1), situs resmi Better Business Bureau (BBB) mengeluarkan peringatan tentang penipuan yang melibatkan layanan streaming Netflix. Menurut BBB, banyak laporan yang telah dikirim ke oraganisasi Scam Tracker beberapa hari terakhir dari orang-orang penerima pesan tidak formal yang mengatasnamakan Netflix.

“Karena pandemi, Netflix menawarkan layanan gratis selama setahun kepada semua orang untuk membantu Anda tetap di rumah. Klik link untuk mendaftar,” demikian isi salah satu pesan tersebut.

Setelah menekan tautan tersebut, Anda akan diarahkan ke situs yang bukan dijalankan oleh layanan streaming media tersebut. Situs tersebut justru akan mengumpulkan informasi pribadi Anda saat melakukan registrasi akun. Seorang korban mengatakan bahwa ia diminta untuk menyerahkan informasi kartu kreditnya dan beberapa waktu berselang, dikenakan biaya beberapa kali bahkan setelah meminta pengembalian dana.

Kasus seperti ini sebenarnya pernah terjadi pada awal pandemi melanda Indonesia. Agar tidak berakhir menjadi korban penipuan serupa, Better Business Bureau memberikan beberapa tips untuk menghindari aksi scam yang perlu Anda ketahui.

  • Jangan percaya pada pesan yang diterima

Sebagai aturan umum, perusahaan tidak dapat mengirim pesan teks kepada pelanggan kecuali Anda mengizinkannya. Jika Anda menerima SMS dari perusahaan padahal belum memberikan izin apapun, saat itulah Anda harus waspada dan abaikan saja isi SMS.

  • Konfirmasi langsung ke sumbernya

Jika suatu tawaran tampak aneh atau terlalu menguntungkan, hubungi segera perusahaan terkait secara langsung melalui kontak resmi yang biasanya tertera di situs resmi perusahaan. Hubungi atau kirim email ke layanan pelanggan untuk mengetahui apakah pesan yang diterima sah atau tidak.

  • Perhatikan alamat situs dengan cermat

Pesan scam biasanya melampirkan tautan ke situs web. Sebelum melakukan tindakan apapun, ada baiknya periksa terlebih dahulu keaslian dari situs tersebut.

  • Abaikan petunjuk teks “Berhenti” atau “Tidak”

Meskipun Anda menyadari bahwa itu adalah pesan scam, jangan membalas SMS dengan alasan apapun. Para penipu mungkin ingin Anda membalas SMS untuk memverifikasi bahwa nomor telepon Anda adalah nomor aktif. Sebaliknya, cukup blokir nomor tersebut, sehingga Anda tidak akan menerima pesan dari sumber yang sama di masa mendatang.

  • Ubah kata sandi

Netflix menyarankan pelanggannya untuk mengubah sandi jika mereka menjadi target. Hal ini untuk menghindari terjadinya percobaan penipuan dengan cara lain.

Share
×
tekid
back to top