sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 08 Agst 2022 11:30 WIB

Olshop wajib tahu! Ini tips dapat bintang 5 dari pembeli

Menurut Education Senior Lead Tokopedia Resti Purniandi, seller yang komunikatif dengan calon pembeli dan deskripsi produk yang jelas dapat menentukan baik buruknya ulasan dari pembeli.

Olshop wajib tahu! Ini tips dapat bintang 5 dari pembeli

Salah satu karakteristik belanja online adalah membeli tanpa melihat produk secara langsung. Untuk itu, ulasan dari pembeli sangat penting, tidak hanya bagi pemilik bisnis itu sendiri, tapi juga bagi calon pembeli yang sedang mempertimbangkan kualitas suatu produk maupun jasa. 

Bagi pegiat usaha, termasuk UMKM lokal, ulasan dari pembeli sangat menentukan laku atau tidaknya suatu produk. Menurut Education Senior Lead Tokopedia Resti Purniandi, seller yang komunikatif dengan calon pembeli dan deskripsi produk yang jelas dapat menentukan baik buruknya ulasan dari pembeli.

Selain itu, keaslian suatu produk juga menjadi perhatian calon pembeli. Lebih lanjut, Resti memaparkan 5 tips yang bisa dilakukan seller agar dapat ulasan bintang 5 dari pembeli.

1. Responsif dan komunikatif

Penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab sangat disukai oleh calon pembeli. Apabila tidak dapat merespon pembeli sepanjang waktu, penjual disarankan menyampaikan jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi pembeli. Penjual yang komunikatif juga dapat menghindari potensi calon pembeli beralih ke toko lain.

2. Gunakan foto dan video yang sesuai

Ulasan negatif suatu produk sering kali berhubungan dengan orisinalitas produk yang sampai dengan yang ada di gambar atau video. Untuk itu, sebisa mungkin penjual menggunakan produk asli untuk materi promosinya. Perhatikan juga kualitas foto atau videonya agar dapat meyakinkan calon pembeli.

3. Deskripsikan produk dengan jelas

"Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli," kata Resti. Deskripsi produk mencakup merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna, hingga cara perawatan.

4. Kemas produk dengan aman

Agar terhindar dari kerusakan selama proses pengiriman, kemas produk dengan aman. Penjual dapat menggunakan kardus yang mendekati dimensi produk dan menambahkan lapisan. Sebelum dikemas, ada baiknya memeriksa ulang produk dan pastikan tidak ada cacat pada barang.

5. Jaga komunikasi dengan pembeli setelah bertransaksi

Meskipun transaksi telah selesai, ada baiknya penjual tidak memutus komunikasi dengan pembeli. Penjual dapat mengucapkan terimakasih dan menanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap layanan toko. 

"Mintalah kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan," ucap Resti.

Share
×
tekid
back to top