sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 29 Nov 2021 14:35 WIB

Tips chat di WhatsApp tanpa simpan nomor pengguna

Dengan membuat link wa.me, Anda bisa mengirim pesan ke seseorang tanpa harus menyimpan nomornya ke kontak.

Tips chat di WhatsApp tanpa simpan nomor pengguna
Source: Pexels

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan dengan lebih dari dua miliar pengguna bulanan. Dengan jumlah tersebut, hampir setiap orang yang mungkin ingin Anda hubungi, tersedia dalam layanan ini. Sayangnya, satu kelemahan WhatsApp adalah tidak bisa mengirim pesan tanpa menyimpan nomor terlebih dahulu ke dalam kontak.

Anda mungkin perlu menghubungi satu kontak bisnis atau layanan tertentu melalui pesan WhatsApp. Namun, menyimpannya ke kontak cukup membuang waktu dan ruang penyimpanan. Apalagi, kalau nomor kontak tersebut hanya dipakai sekali dan tidak dibutuhkan lagi.

Untungnya WhatsApp menyediakan layanan wa.me yang sebenarnya diperuntukkan untuk situs web. Fitur ini berupa link yang dapat mengantarkan pengguna ke kontak WhatsApp seseorang dan memulai obrolan. 

Seperti dikatakan sebelumnya, fitur ini dirancang untuk digunakan di situs web, sehinga pengguna hanya bisa mengaksesnya lewat browser dan mengetik link dengan format berikut: https://wa.me/phonenumber. 

Lalu, ketuk enter dan WhatsApp akan mengarahkan Anda ke situs web dengan tombol berwarna hijau bertuliskan “Lanjutkan ke chat.” Ini akan membawa Anda ke dalam ruang obrolan dari nomor yang dimasukkan dalam link.

Perlu diingat, nomor WhatsApp yang dimasukkan dalam format link harus terdiri dari kode negara dan kode wilayah. Misalnya untuk Indonesia, depannya harus ditambahkan angka 62 tanpa ada simbol + atau angka 0 setelahnya. Misal, https://wa.me/62811223344.

Cukup rumit memang karena harus menggunakan browser untuk membuat link wa.me, namun ini akan lebih baik daripada Anda menyimpan seluruh kontak WhatsApp yang hanya dibutuhkan sekali atau memenuhi daftar kontak di perangkat yang malas untuk Anda bersihkan.

Share
×
tekid
back to top