sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 12 Mei 2022 09:10 WIB

Tesla tarik 130 ribu unit mobilnya karena masalah CPU

Sistem infotainment pada kendaraan Tesla Model 3, Y (2022), X, dan S (2021 dan 2022) mengalami overheat ketika melakukan pengisian cepat. 

Tesla tarik 130 ribu unit mobilnya karena masalah CPU
Source: TheVerge

Tesla menarik 130.000 unit mobilnya karena masalah yang terjadi pada CPU. Masalah ini menyebabkan sistem infotainment pada kendaraan menjadi terlalu panas atau overheat selama pengisian cepat dan berpotensi merusak layar sentuh mobil. Perusahaan diketahui mulai meluncurkan pembaruan OTA (over the air) pada 3 Mei untuk memperbaiki masalah pada kendaraan yang terdampak, meliputi Model 3, Y (2022), X, dan S (2021 dan 2022). 

Berdasarkan pengumuman National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang dikutip dari The Verge (11/5), selama pengisian cepat CPU tidak cukup dingin untuk mencegah suhu tinggi dari yang diharapkan. Hal ini memperlambat pemrosesan CPU.

“Pemrosesan yang lebih lambat atau pemrosesan yang dimulai ulang dapat menyebabkan tampilan layar tengah menjadi lambat atau tampak kosong,” tambah laporan tersebut.

Selain itu,  NHTSA juga mencatat masalah ini dapat mencegah pengemudi untuk menggunakan backup cam, layar sentuh, serta menyesuaikan kecepatan wiper kaca depan. Meskipun tidak dijelaskan penyebab masalah tersebut, namun NHTSA mengatakan Tesla mengidentifikasi 59 klaim garansi dan 59 laporan lapangan.

Untuk diketahui, Tesla mulai menyematkan kendaraan dengan chipset berbasis AMD Ryzen yang mendukung sistem infotainment tahun lalu. Awal tahun ini, beberapa pengemudi melihat sedikit penurunan driving range pada mobil yang dilengkapi dengan CPU Ryzen, apabila dibandingkan dengan Tesla lama dengan Intel Atom. Meski demikian, perusahaan tidak menyebutkan apakah prosesor baru tersebut merupakan bagian dari masalah overheat pada sistem.

Share
×
tekid
back to top