Tanggapan CEO YouTube terhadap YouTube Rewind 2018

Setelah menjadi video paling tidak disukai sepanjang masa, CEO YouTube Susan Wojcick akhirnya buka suara.

Tanggapan CEO YouTube terhadap YouTube Rewind 2018 YouTube (Times)

Seperti tradisi, setiap tahunnya YouTube selalu menghadirkan video kaleidoskop di akhir tahun. Dalam video ini, biasanya membuat ringkasan tren yang populer di platform mereka sepanjang tahun.

Begitu juga di 2018 lalu. Mereka meluncurkan sebuah video yang bertajuk ‘YouTube Rewind 2018’. Dalam video tersebut, terdapat satu hal yang paling populer sepanjang 2018, yakni video mengenai Fortnite.


BACA JUGA

Huawei P30 Pro masuk daftar YouTube Signature Device

YouTube bakal hadirkan film interaktif seperti Netflix

Video 'Kill This Love' Blackpink pecahkan rekor Youtube


Sayang, tanggapan warganet terhadap video ini sangatlah buruk. Mereka pun melayangkan banyak kritik. Bahkan, video yang seharusnya menjadi tren positif, berujung jadi video paling tidak disukai sepanjang masa hingga ini.

Video tersebut memecahkan total 15 juta dislike. Video ini dikritik oleh penggemar dan konten kreator. Mereka merasa Youtube Rewind tidak akurat menunjukkan budaya pop 2018. Bahkan, YouTuber paling banyak pengikutnya, PewDiePie tidak ikut YouTube Rewind.

Setelah banyak kontroversi, CEO YouTube Susan Wojcicki pun memberikan komentarnya. Dia mengatakan bahwa saat melihat video tersebut, dia merasa merinding, dalam arti yang kurang baik. Anak-anaknya pun merasakan hal yang sama.

Dia pun pada akhirnya berjanji bahwa perusahaan yang kini dia pimpin tersebut akan melakukan yang lebih baik pada 2019. "Kami mendengar Anda, bahwa video itu tidak secara akurat menunjukkan momen-momen penting tahun ini,” kata Susan.

“Video ini juga tidak mencerminkan YouTube yang Anda tahu. Kami akan lebih baik menceritakan kisah kami pada tahun 2019," katanya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: