sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 13 Jan 2022 12:30 WIB

Synology Router RT2600ac dan Mesh Router MR2200ac, router andalan saat WFH

Memiliki fitur yang sangat kaya, perpaduan Synology Router RT2600ac dan Synology Mesh Router MR2200ac dapat menemani kita selama WFH.

Synology Router RT2600ac dan Mesh Router MR2200ac, router andalan saat WFH

Pada awal 2022 ini, Indonesia masih menghadapi pandemi yang berkepanjangan. Hal ini memaksa banyak pebisnis untuk mengadopsi sistem WFH atau bekerja dari rumah lebih panjang lagi.

Hal ini membuat para pekerja harus mengakses data penting milik kantor dari rumah mereka masing-masing. Tapi, kendala yang dihadapi adalah para pekerja harus memiliki koneksi yang stabil dan aman.

Oleh karena itu, memiliki sebuah router yang dapat diandalkan menjadi salah satu hal yang penting. Ini dikarenakan router merupakan sebuah jembatan penghubung yang penting dari penyedia internet dengan perangkat yang ada di rumah.

Bukan hanya membutuhkan sebuah router yang dapat menghadirkan kecepatan tinggi saja, kita juga harus memperhatikan fitur-fitur keamanan. Hal ini untuk menghindari akses dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab terhadap data sensitif milik perusahaan.

Oleh karena itu, Synology memperkenalkan sebuah router andalan mereka yang memiliki fitur yang hanya mengandalkan kecepatan tinggi, namun juga memiliki fitur berguna, serta beberapa fitur keamanan.

Router baru yang mereka tawarkan adalah Synology Router RT2600ac. Router ini merupakan salah satu router terbaik yang ada di pasaran. Untuk melengkapi kelancaran menggunakan internet, hadir juga Synology Mesh Router MR2200ac.

Proses instalasi cepat

Salah satu kemudahan yang ditawarkan dari Synology Router RT2600ac dan Synology Mesh Router MR2200ac adalah proses instalasi yang sangat mudah dan cepat. Hanya membutuhkan waktu 3 menit saja untuk mempersiapkan keduanya.

Ada beberapa perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan setup, seperti laptop, PC, ataupun smartphone. Tapi, kami akan menggunakan smartphone untuk setup pada kesempatan kali ini. 

Hal yang pertama harus dilakukan bagi pengguna baru adalah mengunduh aplikasi DS router di perangkat Android atau iOS kalian. Sementara saat menggunakan laptop atau PC, kalian bisa masuk menggunakan pengaturan WiFi yang ada di bawah router dan di peramban dengan mengketikkan http://router.synology.com atau http://192.168.1.1 di browser kalian.

Yang harus kalian lakukan hanyalah mengikuti instruksi yang ada di layar. Setelah itu, router kalian bisa langsung digunakan.

Untuk proses pemasangan Synology Mesh Router MR2200ac, caranya juga sangat mudah. Kalian hanya harus menambahkan WiFi Point saja di Synology Router RT2600ac, dan setelah mengikuti langkah yang ada di layar, kalian sudah memiliki jaringan mesh tersendiri.

Gunakan UI SRM, tampilan terbaik dikelasnya

Salah satu fitur unik yang ada di router Synology Router RT2600ac adalah hadirnya SRM atau Synology Router Manager. Jika kalian pengguna NAS Synology, SRM sama seperti DSM, yang merupakan tampilan GUI untuk mengontrol semua hal melalui peramban.

Kalau UI router lain terasa kaku, saat menggunakan SRM terasa jauh lebih intuitif. Tampilannya persis dengan DSM, sehingga para pengguna NAS Synology akan sangat familiar saat menggunakan SRM. 

Hal ini tentunya akan dapat membantu kantor UMKM yang belum memiliki teknisi tersertifikasi khusus dapat melakukan konfigurasi dengan mudah.

Di dalam SRM terdapat banyak fitur, termasuk untuk opsi pengaturan dan pemantauan jaringan, opsi keamanan baik untuk pengguna rumahan maupun kantoran, kontrol akses yang lengkap, dan berbagai hal menarik lain. 

Jika merasa fitur yang ada di router ini kurang, ada juga berbagai add-on yang dapat dipasang melalui Package Center. Beberapa fitur yang bisa ditambahkan di antaranya untuk mendukung fitur multimedia, private cloud, fitur backup, threat prevention, dan lain sebagainya.

Desain menarik, tidak seperti router kantoran

Tak seperti router keluaran perusahaan profesional lain, Synology Router RT2600ac dan Synology Mesh Router MR2200ac hadir dengan desain yang tidak kaku. Bentuknya dirancang menarik dan terlihat apik saat diletakkan di ruang tamu.

Untuk memastikan router ini tidak kepanasan saat digunakan, mereka memberikan banyak lubang udara untuk kebutuhan sirkulasi udara, baik di bagian atas dan bagian bawah perangkat. Tak ketinggalan, mereka memberikan kaki tambahan yang cukup tinggi di bagian bawah agar router ini terangkat dengan cukup tinggi.

Synology Router RT2600ac hadir dengan total empat antena eksternal, dua berada di bagian samping, dua lagi di bagian belakang. Sedangkan untuk port I/O, router ini memiliki port yang cukup kaya dibandingkan dengan para pesaingnya.

Di bagian depan terdapat sebuah slot kartu SD. Di sisi kiri terdapat 1 port USB 3.0 dan tombol eject untuk port tersebut. Sementara di bagian kanan terdapat tombol WPS dan sebuah WiFi reset.

Untuk di bagian belakang, terdapat tombol power, port daya, 1 USB 2.0, 1 port WAN berwarna biru, dan 4 port LAN berwarna kuning.

Sedangkan di bagian atas, kita akan melihat beberapa lampu indikator LED, dimana kita bisa matikan, nyalakan, atau diredupkan sesuai keinginan kita.

Sedangkan untuk Synology Mesh Router MR2200ac, desainnya cukup elegan. Di bagian depan terdapat beberapa LED untuk memantau keadaan mesh router tersebut.

Dan di bagian belakang terdapat 2 port LAN, power button, port daya, WiFi reset, tombol WPS, serta sebuah USB 3.0.

Sinyal kencang, internetan lancar

Untuk pengujian kali ini, kami menggunakan beberapa parameter. Salah satunya adalah tes kekuatan sinyal dan kecepatan internet. Kami menggunakan internet dengan kecepatan 10MB/s untuk melakukan pengujian kali ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

Seperti yang dapat dilihat dari hasil pengujian tersebut, Synology Router RT2600ac dan Synology Mesh Router MR2200ac dapat memancarkan sinyal yang sangat kuat. Bahkan, saat berada di jarak 5 meter dengan halangan tembok, kekuatan sinyalnya masih sangat baik.

Untuk kecepatan internet sendiri, terdapat perbedaan yang cukup tinggi antara router bawaan ISP dengan Synology Router RT2600ac maupun Synology Mesh Router MR2200ac. Kecepatan internet dengan kabel atau nirkabel sangat baik, bahkan mencapai kecepatan yang diklaim oleh Synology.

Sedangkan untuk dukungan perangkat maksimal, pengujian yang kami lakukan membuktikan bahwa router ini dapat terhubung hingga 12 perangkat sekaligus melalui akses WiFi. Jadi, pengguna tak perlu khawatir terbatasnya akses perangkat di router ini.

Hal ini membuat Synology Router RT2600ac dan Synology Mesh Router MR2200ac dapat digunakan baik di rumah maupun di kantor.

Kaya fitur, bisa pakai modem dongle

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh Synology di Synology Router RT2600ac. Melalui SRM, pengguna dapat mengatur beberapa pengaturan, termasuk melakukan pengaturan keamanan perangkat mereka.

Untuk keamanan koneksi, pengguna dapat mengatur VPN menggunakan pengaturan VPN server (WebVPN, SSL VPN, SSTP, OpenVPN, L2TP/IPSec, PPTP, Site-to-Site), VPN client (PPTP, OpenVPN, L2TP/IPSec), maupun VPN Pass-through (PPTP, IPSec, L2TP).

Dan yang menarik adalah setiap pembelian router, Synology menawarkan lisensi VPN gratis. Tentu saja, hal ini akan memudahkan kantor yang mengadopsi WFH agar data mereka tetap aman tanpa harus mengeluarkan biaya langganan ekstra.

Menggunakan SRM, pengguna juga dapat memantau apa saja yang terjadi di router mereka. Bahkan, pengguna dapat melihat ancaman apa saja yang terjadi. Hal ini akan memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pengguna.

Ada pula fitur keamanan lain yang dapat diatur oleh pengguna secara manual. Salah satunya adalah fitur Threat Prevention, di mana mereka bahkan dapat memblokir perangkat yang terhubung, memblokir IP Address tertentu, serta memblokir situs secara spesifik.

Hal yang paling menarik adalah Synology di Synology Router RT2600ac sudah mendukung modem dongle. Hal ini membuat pengguna dapat menggunakan modem dongle saat ISP utama mereka mengalami masalah, sehingga mereka tetap dapat mengakses data penting di NAS dan berbagai skenario lainnya.

Spesifikasi Synology Router RT2600ac dan Synology Mesh Router MR2200ac

Dikarenakan dirancang untuk penggunaan baik di rumah dan kantoran, Synology Router RT2600ac memiliki spesifikasi yang terbaik dikelasnya. Router ini mendukung standar Wi-Fi 5 serta fitur lainnya. Berikut ini spesifikasi lengkapnya :

  • Standar: 802.11 a/b/g/n/ac (802.11ac Wave 2)
  • Wireless Band: Simultaneous Dual-Band, 1x 2.4 GHz & 1x 5 GHz
  • Data Rate: (berdasarkan spesifikasi dari Synology)
  • 2.4 GHz: up to 800 Mbps
  • 5 GHz: up to 1.73 Gbps
  • 802.11ac (800 Mbps + 1.73 Gbps)
  • Antenna: 4×4 MIMO, Omni-directional High Gain
  • Concurrent Wi-Fi Connection: up to 100 (recommended)
  • Estimated Wi-Fi Coverage: +/- 3000 square feet/278 m2
  • CPU: Dual Core 1.7 GHz
  • Hardware Acceleration Engine: untuk Layer 4 dan Layer 7 (Transport & Application)
  • Memori: 512 MB DDR3
  • Enkripsi: WEP, WPA/WPA2-Personal, WPA/WPA2-Enterprise, WPA2/WPA3-Personal, WPA3-Personal/Enterprise, OWE
  • Fitur:
  • MU-MIMO
  • Schedulable Wi-Fi
  • Guest Network
  • WPS 2.0
  • 3G/4G Dongle
  • Safe Access
  • Threat Prevention
  • VPN Plus Server
  • Cloud Station Server
  • DNS Server
  • Download Station
  • Media Server
  • RADIUS Server
  • Print Server
  • Synology QuickConnect

Sementara untuk Synology Mesh Router MR2200ac, spesifikasinya juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebab, mesh router ini juga sudah mendukung WiFi 5. Berikut ini spesifikasi lengkap dari perangkat ini :

  • Standar: 802.11 a/b/g/n/ac (802.11ac Wave 2)
  • Wireless Band: Simultaneous Tri-Band, 1x 2.4 GHz & 2x 5 GHz
  • Data Rate: (berdasarkan spesifikasi dari Synology)
  • 2.4 GHz: up to 400 Mbps
  • 5 GHz 1: up to 867 Mbps
  • 5 GHz 2: up to 867 Mbps
  • Antenna: 2×2 MIMO, High Performance Internal Antenna
  • Concurrent Wi-Fi Connection: up to 90 (recommended)
  • Estimated Wi-Fi Coverage: +/- 2000 square feet/185 m2
  • Port:
  • 1x Gigabit Ethernet untuk WAN
  • 1x Gigabit Ethernet untuk LAN
  • 1x USB 3.0
  • CPU: Quad Core 717 MHz
  • Memori: 256 MB DDR3
  • Enkripsi: WEP, WPA/WPA2-Personal, WPA/WPA2-Enterprise, WPA2/WPA3-Personal, WPA3-Personal/Enterprise, OWE
  • Fitur:
  • MU-MIMO
  • Schedulable Wi-Fi
  • Guest Network
  • WPS 2.0
  • 3G/4G Dongle
  • Safe Access
  • VPN Plus Server
  • Cloud Station Server
  • DNS Server
  • Download Station
  • Media Server
  • RADIUS Server
  • Print Server
  • Synology QuickConnect

Teman sempurna di kantor dan di rumah

Bagi kalian yang mementingkan keamanan saat menjelajah internet dan kemudahan dalam instalasi dan penggunaan, kalian wajib membeli Synology Router RT2600ac dan Synology Mesh Router MR2200ac.

Berbagai fitur ditanamkan membuatnya menjadi perangkat networking yang bertenaga dan canggih. Bagi penggunaan di kantoran, Synology Router ini sangat berguna untuk membangun mesh router yang aman dan stabil untuk meningkatkan produktivitas. Ditambah dengan lisensi VPN gratis yang dapat membantu perkantoran yang sedang WFH. Selain itu Synology Router ini juga cocok digunakan untuk rumah, dimana orang tua dapat dengan mudah mengontrol akses internet yang aman untuk anak-anak.

Untuk harganya, Synology Router RT2600ac dibanderol seharga Rp3,9 juta-an. Sedangkan untuk paket penjualan Synology Router RT2600ac dan Synology Mesh Router MR2200ac dihargai Rp6,5 juta-an.

Meski harganya agak sedikit premium, namun mengingat fitur yang ditawarkan, harga ini cukup sepadan. Jika kalian tertarik untuk memiliki ruter ini, kalian dapat mengecek ketersediaan RT2600ac di sini dan MR2200ac di sini. Sementara untuk paket bundling, kalian bisa memeriksa ketersediaannya di sini.

Editor
Share
×
tekid
back to top