Synology DS218play, NAS rumahan yang canggih dan andal

Synology DS218play memiliki banyak fitur yang tidak hanya mudah untuk digunakan, namun juga memiliki kemampuan yang sangat baik.

Menyimpan data pribadi, seperti foto, video, dan hal lainnya di rumah merupakan sebuah hal yang sulit. Seperti saya saja, foto selagi liburan tahun lalu ada di laptop ibu, foto lebaran dua tahun lalu ada di komputer kakak. Ribet enggak sih?

Nah, bagi Anda yang pernah merasakan hal ini, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan memberikan Anda sebuah solusi yang pas untuk menghindari masalah tersebut. Solusinya adalah dengan menggunakan NAS (Network Attached Storage, atau Penyimpanan Jaringan Terlampir).


BACA JUGA

Synology DS1819+ cocok untuk kegiatan bisnis

DiskStation DS119j jadi NAS yang ramah untuk berbagai kalangan

Synology punya NAS baru untuk bisnis skala menengah


Eits, yang akan kita bahas bukan NAS skala bisnis. Jadi, Anda tidak perlu takut. Yang akan kami bahas adalah salah satu NAS milik Synology, yakni DS218play, yang merupakan NAS imut yang ditujukan untuk pemakaian keluarga.

Tenang saja, pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas NAS ini secara teknis. Saya akan mencoba menjelaskan fitur-fiturnya yang sangat berguna juga mudah untuk digunakan.

Bagi Anda yang belum tahu, salah satu keunggulan dari DS218play adalah terdapatnya DiskStation Manager alias DSM. DSM adalah sistem operasi yang menjalankan semua perangkat NAS milik Synology. Desain sistem operasi ini sangatlah simpel dengan interface yang gampang banget digunakan, ditambah lagi DSM ini bisa diakses dengan berbagai Web Browser dari laptop, komputer ataupun perangkat pintar lainnya.

Cara instalasinya sangat mudah. Tapi, sebelum melakukan pemasangan, Anda harus memastikan beberapa hal. Pertama, pastikan Anda sudah memasang HDD (Hard Disk Drive) di salah satu atau kedua bay dari DS218play.

Kedua, pastikan NAS sudah terhubung di jaringan yang sama dengan laptop atau perangkat lain. Lalu pastikan juga Anda memiliki akses Internet. Ya, Anda akan membutuhkan akses internet untuk melakukan setup DS218play untuk pertama kalinya.

Kemudian, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk melakukan setup. Namun, yang paling mudah adalah dengan masuk ke situs find.synology.com. Kemudian, pastikan NAS yang muncul sama dengan model yang Anda miliki.

Ketika muncul, Anda akan melihat keterangan ‘Status : Not Installed’. Jangan panik. Yang perlu Anda lakukan adalah mengklik tombol ‘Connect’. Anda pun akan mendapatkan beberapa laman EULA.

Setelah menunggu, akan muncul tulisan ‘Set up’. Klik tombol tersebut, dan kemudian laman instalasi DSM muncul. Kemudian, klik tombol ‘Install Now’. Saat ini, DSM akan secara otomatis dipasang di NAS Anda. Proses ini akan membutuhkan waktu sekira 10 hingga 20 menit, tergantung HDD dan koneksi internet Anda.

Saat selesai, Anda diminta untuk memasukkan ID dan Password untuk admin dari NAS Anda. Selain itu, Anda juga harus menentukan nama server Anda. Saran saya, buat nama yang mudah untuk diingat. Dan, Anda selesai melakukan Setup instalasi DSM.

Mengakses NAS dari luar jaringan

Nah, langkah selanjutnya adalah melakukan setup QuickConnect. Sebelum masuk lebih jauh, saya akan menjelaskan sedikit mengenai fitur tersebut. Sesuai dengan penjelasan Synology, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses file di NAS mereka tanpa harus berada di jaringan yang sama.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah Anda harus memiliki akun Synology. Jika belum punya, Anda bisa membuatnya di laman set up DSM di perangkat Anda. Anda juga harus membuat QuickConnect ID. Usahakan namanya mirip dengan server Anda untuk memudahkan Anda mengingatnya. Atau, jika Anda merasa hal ini tidak diperlukan, Anda bisa melewati langkah ini.

Nah, buat yang perlu, mari kita lanjutkan lagi melakukan setup QuickConnect ID. Pertama, Anda masuk ke NAS. Caranya, ketikkan “//” yang dilanjutkan nama server Anda (tanpa tanda petik atau spasi) di File Explorer. Anda akan langsung di bawa ke browser, dan akan dibawa ke laman login.

Setelah masuk, ke Control Panel dan pilih menu QuickConnect. Jika di awal Anda sudah melakukannya dengan benar, fitur ini otomatis akan langsung berfungsi. Jika Tidak, Anda bisa mengikuti langkah ini.

Pertama, centang kotak di samping Enable QuickConnect. Setelah itu, akan muncul pilihan lain di bagian bawah. Klik juga kotak tersebut. Lanjutkan dengan mengklik ‘Log in or register a Synology Account’. Kemudian, masukkan ID dan Password akun Synology Anda.

Setelah itu, masukkan QuickConnect ID untuk mengidentifikasi diri Anda. Seperti yang disarankan sebelumnya, samakan ID dengan nama server Anda untuk memudahkan Anda kedepannya. Setelah selesai, klik Apply.

Jika semua langkah sudah benar, maka Anda bisa mengakses NAS di rumah, dimanapun dengan jaringan apapun. Untuk mengaksesnya, Anda bisa mengetik http://QuickConnect.to/ yang disambung dengan nama ID QuickConnect Anda. Misalnya, http://QuickConnect.to/tekid. Dan, NAS Anda sudah siap untuk digunakan.

Berbagi File dengan mudah

Setelah melakukan pengaturan ini, Anda dapat membagikan file yang ada di NAS dengan orang lain tanpa mereka harus masuk ke NAS Anda. Caranya, klik kanan di file yang ingin dibagikan. Kemudian, pilih menu paling bawah, yakni Share File Links.

Ketika di klik, Anda bisa mengatur bagaimana cara file ini dapat diakses. Mulai dari pengaturan masa berlaku file yang dibagi, misalnya satu minggu, dua minggu, atau satu bulan, dan bisa membatasi siapa saja dan berapa kali sebuah file dapat diunduh.

Anda bahkan bisa memberikan password, dimana pengguna harus memasukkan password untuk mengakses file tersebut.

Aplikasi Multimedia yang Lengkap

Keunggulan lain yang dimiliki oleh DS218play adalah banyaknya dukungan aplikasi multimedia. Anda bisa mengaksesnya melalui menu Package Center. Ada banyak aplikasi yang sangat berguna. Dalam hal ini, saya memiliki beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan.

Pertama adalah aplikasi Moments. Aplikasi ini dapat mengumpulkan semua foto yang ada di dalam perangkat NAS untuk ditampilkan di satu tempat. Semuanya akan dikategorikan sesuai dengan waktu dan lokasi pengambilan gambar.

Kemampuannya yang lebih canggih lagi, DS218play juga mendukung algoritma deep learning. Hal ini memungkinkan NAS untuk dapat dengan pintar mengenali orang dan objek, sehingga dapat memisahkan dan mengelompokkan foto berdasarkan orang atau objek secara otomatis.

Terakhir, Anda juga bisa lho melakukan upload dan download foto langsung dari perangkat pintar Anda. Anda tinggal mencari aplikasi DS Photo dan Moments, yang tersedia di Android dengan mengklik di sini dan iOS yang dapat ditemui di sini. Dengan aplikasi ini, bisa juga di-setting untuk selalu backup foto dan video secara otomatis dari smartphone Anda, karena fitur ini butuh internet, pastikan pakai WiFi Anda kuotanya masih ada, agar tidak habis tiba-tiba ya.

Nah, dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh Synology DS218play, tidakkah membuat NAS ini merupakan NAS rumahan yang canggih dan handal bukan?

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Editor :
Tek ID