Sony A7R IV punya resolusi 61 MP

Penstabil gambar (image stabilizer) pada kamera ini diperkuat dengan sistem 5 arah yang dapat digunakan saat merekam video maupun memotret.

Sony A7R IV punya resolusi 61 MP Source: Sony via Engadget

Sony kembali menghadirkan jagoan mirrorless full-frame terbaru mereka lewat A7R IV dengan sensor gambar beresolusi 61 MP serta teknologi BSI agar menjanjikan kondisi cahaya minim menjadi tidak masalah. Selain itu, kamu juga dapat memotret foto dengan resolusi 240 MP berkat bantuan mode pixel-shift. Sebaliknya, jika kamu ingin mengambil file RAW sangat besar, A7R IV dapat memberikan resolusi 26,2 MP dalam mode APS-C.

Jajaran ISO yang dimilikinya adalah 100 hingga 32000. Dilansir dari Engadget (16/7), kamu juga dapat meningkatkan jajaran ISO menjadi 50 hingga 102400 yang seharusnya dapat menghadirkan hasil foto optimal dalam setiap pencahayaan. Selain resolusinya yang sangat tinggi, A7R IV juga dapat melakukan pemotretan continuous pada 10 fps dalam keadaan AF berubah-ubah. Ada pula fitur phase detection AF sebanyak 567 poin dan contrast AF sebanyak 425 poin.


BACA JUGA

GoPro Hero 8 bisa rekam video 4K 120fps

Paten baru Canon bisa fokus berdasarkan gerakan bola mata dan isi ulang nirkabel

Blackmagic punya kamera 6K khusus film


Sistem seperti itu diinformasikan memungkinkan cakupan AF hingga 100 persen, sehingga menjanjikan fokus lebih akurat meski di tepi gambar. Tidak ketinggalan pula fitur Eye AF secara real-time baik untuk manusia dan hewan berkat prosesor pemrosesan gambar mutakhir Bionz X generasi baru. Eye AF memungkinkan fokus tidak melenceng meski menggunakan aperture besar.

Penstabil gambar (image stabilizer) pada kamera ini diperkuat dengan sistem 5 arah yang dapat digunakan saat merekam video maupun memotret. Ada pun electronic viewfinder (EFV) berteknologi panel OLED dengan resolusi 5,76 juta dot. Layar LCD di bagian belakang kamera dilengkapi dengan teknologi sentuh. Tetapi sayangnya layar ini tidak dapat diputar agar memudahkan vlogging.

Dari sisi video, A7R IV dapat merekam video 4K pada 30 fps atau Full HP pada 120 fps dengan kemampuan HDR. Kamu juga dapat melakukan fokus via sentuhan di layar agar lebih cepat menentukan fokus selama proses perekaman.

Fitur lain yang diembannya termasuk transfer data yang lebih cepat melalui USB-C 3.2 Gen 1 dan WiFi, slot kartu SD UHS II ganda, bodi tahan debu dan kelembapan. Sony menginformasikan saat ini sudah tersedia 52 lensa untuk kelengkapan memotret, jadi kamu dapat memilih sesuai kebutuhan tanpa mengandalkan pihak ketiga. Harga yang dibanderol untuk Sony A7R IV adalah USD3500 (Rp49 juta).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: