sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Jumat, 04 Jun 2021 07:03 WIB

Samsung resmikan SSD dengan daya pakai 4x lebih lama

Samsung baru saja memperkenalkan SSD PM1731a ZNS, yang diklaim akan memiliki daya pakai 4 kali lipat lebih lama dari SSD NVMe biasa.

Samsung resmikan SSD dengan daya pakai 4x lebih lama
Samsung

Penggunaan SSD di industri saat ini mulai populer di beberapa perusahaan besar. Ini berarti, para produsen memori harus membuat inovasi agar para pelaku bisnis semakin tertarik untuk beralih dari HDD ke SSD.

Oleh karena itu, Samsung memperkenalkan SSD Zones Namespaces (ZNS) yang ditujukan untuk industri. SSD ini diharapkan akan dapat membuat industri beralih dari HDD ke SSD seutuhnya.

Samsung mengklaim SSD ZNS menggabungkan kinerja tinggi, daya tahan lama dan harga yang relatif rendah. Hal ini dikarenakan perusahaan menggunakan QLC V-NAND yang hadir di SSD PM1731a ZNS, seperti lapor Tom’s Hardware (4/6).

Cara kerja SSD ZNS ini berbeda dengan HDD berbasis blok konvensional. SSD ZNS menulis data secara berurutan ke dalam zona besar dan memiliki kontrol yang lebih baik atas amplifikasi penulisan, yang mengurangi persyaratan penyediaan berlebih berdasarkan urutan besarnya.

HDD grade industri biasanya memiliki peringkat 3 DWPD (penulisan hard disk per hari) yang dimana harus mencadangkan sekitar sepertiga dari kapasitas mentahnya untuk penyediaan berlebih. SSD ZNS di sisi lain hanya memerlukan 10% dari total penyimpanan mentahnya.

Yang harus digarisbawahi adalah klaim Samsung yang menyebut SSD PM1731a ZNS akan memiliki daya tahan hingga empat kali lipat dari SSD NVMe konvensional. Inilah yang benar-benar dibutuhkan oleh industri saat ini.

Tapi, ada beberapa drawback yang harus dirasakan oleh pengguna, setidaknya untuk beberapa waktu ke depan. Soalnya, Samsung mengklaim saat ini masih memiliki sedikit dukungan infrastruktur perangkat lunak yang benar-benar mendukung SSD tersebut.

Namun, jika memang nantinya QLC V-NAND sudah menjadi standar, maka pengguna tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Mereka menjanjikan SSD ini akan memiliki daya tahan yang lama dan memiliki efisiensi dari berbagai hal.

Untuk sementara ini, SSD PM1731a ZNS 2,5 inci Samsung akan menggunakan pengontrol port ganda serta memori QLC V-NAND Generasi ke-6, yang akan hadir dalam kapasitas 2TB dan 4TB. Saat ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut baru akan memproduksi massal SSD ini mulai paruh kedua 2021.

Share
×
tekid
back to top