sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
Jumat, 03 Des 2021 17:06 WIB

Rangkul pengguna difabel, Tokopedia hadirkan fitur Voice Over

Untuk turut merayakan Hari Difabel Sedunia hari ini (3/12), Tokopedia secara resmi meluncurkan fitur Voice Over.

Rangkul pengguna difabel, Tokopedia hadirkan fitur Voice Over

Untuk turut merayakan Hari Difabel Sedunia hari ini (3/12), Tokopedia secara resmi meluncurkan fitur Voice Over. Fitur ini ditujukan untuk pengguna difabel, khususnya tunanetra, agar lebih mudah dalam menggunakan aplikasi Tokopedia.

Mengingat keterbatasan mereka dalam hal penglihatan, fitur ini akan membantu pengguna difabel untuk mengetahui beragam menu yang sedang tampil dalam aplikasi Tokopedia. Dalam praktiknya, fitur ini akan mengeluarkan output suara sesuai menu yang tampil, sehingga pengguna tunanetra dapat memahami setiap menu dan melangsungkan transaksi dengan mudah.

“Lewat fitur ini kami berharap Tokopedia bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel,” kata Ferico Samuel, Engineering Manager Tokopedia sekaligus pengembang fitur tersebut.

Ide terkait fitur ini mulai muncul sejak awal tahun dan terus dikembangkan oleh Tokopedia. Pengembangan fitur ini juga melibatkan pengguna Tokopedia yang difabel, sehingga menjadi lebih relevan. “Fitur Voice Over terus dikembangkan sesuai masukan rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka," ujarnya.

Salah satu tunanetra pengguna Tokopedia, Maria Hardono, berkata, “Fitur Voice Over Tokopedia membantu saya dalam proses belanja daring. Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping.”

Tunanetra lain yang merupakan pengguna sekaligus pelaku usaha di Tokopedia, M. Reza Akbar, mengatakan, “Sejak saya menggunakan fitur Voice Over di Tokopedia, saya merasa menjadi lebih mandiri khususnya dalam memenuhi kebutuhan harian serta menjalankan bisnis secara lebih mudah dan juga nyaman.”

Saat ini, fitur Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem smartphone, termasuk Android. 

Di sisi lain, Tokopedia, yang kini menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), juga terus membuka kesempatan bagi talenta terbaik, termasuk difabel, untuk berkarya bersama, menciptakan beragam inovasi digital.

Share
×
tekid
back to top